Sukses

Lifestyle

Wapadai Bahaya Hepatitis

Ladies, ketahuilah bahwa penyakit hepatitis bisa ditularkan melalui hubungan seksual. Ada tiga jenis hepatitis dan salah satunya bisa menyebar dengan mudah.

Menurut laman beforeplay.org, baik hepatitis A, B, dan C bisa tersebar melalui aktivitas seksual. Namun, hepatitis B adalah jenis yang paling umum tersebar melalui jalur ini.

Semua jenis hepatitis ini berbahaya dan akan mempengaruhi kinerja hati anda, Ladies. Selain itu hepatitis B dan C merupakan penyebab terjadinya kanker hati serta berbagai gangguan fungsi organ vital ini.

Hepatitis A ditularkan melalui kontaminasi feses, yang berarti penyakit ini bisa menyebar melalui seks anal. Selain itu bisa juga menyebar melalui makanan apabila disiapkan oleh orang yang kurang menjaga kebersihannya.

Seseorang yang terserang infeksi Hepatitis A akan menunjukkan gejala kelelahan, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah, sakit kepala, demam, urin pekat, penyakit kuning, pembesaran serta nyeri pada hati.

Dalam pengobatannya, tidak ada penyembuhan spesifik yang bisa mengobati infeksi virus hepatitis A maupun B. Namun, ada vaksin yang bisa diberikan untuk mencegah terjadinya infeksi. Selain itu beberapa obat-obatan serta terapi bisa digunakan untuk mengurangi gejala yang timbul selama terinfeksi hepatitis.

Bagaimana cara anda bisa terhindar dari penyakit ini? Seperti kebanyakan infeksi menular lainnya, cara yang paling efektif adalah pencegahan dengan tidak melakukan hubungan seks beresiko tinggi, seperti sebelum dan di luar nikah, berganti-ganti pasangan seksual dan atau tidak mengetahui pasti kondisi kesehatan pasangan anda.

Selain hubungan seks yang aman dan sehat, Anda juga sangat dianjurkan melakukan vaksin hepatitis dalam kurun waktu enam bulan hingga satu tahun.

 

Oleh: Austin Miracle Widya Sari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading