Sukses

Lifestyle

Asal Mula Primbon Cinta

Bagi Ladies mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah primbon cinta. Dalam masyarakat yang masih menjunjung tinggi adat jawa, primbon cinta sering dijadikan dasar dalam menentukan hubungan cinta dan bahkan jodoh. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai asal usul primbon.

Seperti yang dilangsir oleh laman primbonajimantrajawa.blogspot.com, primbon adalah sebuah kitab yang berisi berbagai macam ilmu pengetahuan warisan dari leluhur budaya jawa kuno.

Ilmu pengetahuan ini termasuk perhitungan penaggalan hari baik untuk bercocok tanam, mencari rejeki, berdagang, dan juga termasuk ramalan akan tanda-tanda terjadinya sesuatu.

Primbon cinta dapat meliputi ramalan-ramalan memilih pasangan atau jodoh yang tepat, meramal hubungan masadepan cinta dan pernikahan dan juga sampai meramal hari yang tepat untuk melangsungkan pernikahan.

Dalam memperhitungkan primbon cinta, menurut laman primbonjodoh.net, dasar dalam memilih pasangan yang tepat adalah berdasarkan nama, hari lahir, dan weton masing-masing orang. Hampir sama dengan ramalan cinta zodiak dan shio yang juga menggunakan waktu lahir sebagai patokan.

Ramalan cinta primbon ini mulai populer pada abad pertengahan atau pada masa kerajaan jawa berjaya dan islam juga mulai masuk ke Indonesia. Kitab primbon jawa kuno ini berisi dengan budaya jawa yang kental dan juga hal-hal yang mistis percampuran atara budaya hindhu dan budha.

Kitab primbon jawa juga mendapat pengaruh dari islam, terutama pada masa wali songo. Yaitu perhitungan tahun saka dirubah menjadi perhitungan penanggalan disesuaikan dengan penanggalan hijriyah. Perhitungan yang berubah ini juga kemudian dijadikan landasan dalam hitungan ramalan cinta.

Oleh: Rizky Lutviana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading