Sukses

Lifestyle

Perempuan Merasa Tak Didengar dan Pria Merasa Tak Dihargai

Fimela.com, Jakarta Sebuah hubungan bisa memiliki masalahnya masing-masing. Tapi sadarkah kalau secara umum masalah dalam sebuah hubungan disebabkan oleh keluhan pasangan itu sendiri? Ada keluhan utama pria dan perempuan terhadap satu sama lain dalam sebuah hubungan, mungkin keluhan ini juga ada atau dirasakan dalam hubunganmu.

John Gray, Ph.D., dalam Beyond Mars and Venus menyebutkan bahwa keluhan utama pria dan perempuan terhadap satu sama lain adalah perempuan merasa tak didengar dan pria merasa tak dihargai. Pria sering kali terlalu banyak bicara dan tidak cukup mendengar. Sedangkan perempuan terlalu banyak berbuat sehingga sulit baginya untuk benar-benar menghargai dukungan yang diberikan oleh pria.

Saat Perempuan Bicara, Pria Akan Menjaga Jarak

Pria biasanya akan menjaga jarak dan memikirkan apa yang sedang dikatakan perempuan ketika perempuan tersebut sedang berbicara. Hal ini kadang menimbulkan kesalahpahaman. Perempuan sering keliru membaca ekspresi wajah "berpikir" dengan ekspresi marah. Akibatnya, perempuan merasa tidak didengar oleh pria. Sebagai perempuan kadang kita tak bisa membedakan mana ekspresi wajah pasangan yang menunjukkan ekspresi marah, sedang rileks, atau sedang berpikir. Padahal pria umumnya butuh waktu untuk mencerna semua yang kita bicarakan.

Bagi Pria, Ada Saat untuk Bicara dan Mendengar

John Gray menjelaskan bahwa membicarakan perasaan adalah cara yang bagus bagi pria agar terhubung dengan pasangannya, tetapi bukan cara yang bagus untuk menurunkan stresnya. Baginya, ada saat untuk bicara, ada saat untuk mendengar. Jika seorang pria merasa stres, marah, atau defensif dalam merespons sesuatu yang dikatakan atau dilakukan oleh pasangannya, dan berpikir ia perlu membicarakan perasaan itu agar bisa merasa lebih baik, ia malah akan memperburuk keadaan dirinya dan pasangannya jika membicarakan perasaannya saat itu juga.

Tak heran bila pria umumnya akan membutuhkan waktu untuk menyendiri. Dengan cara ini, ia membangun kembali testosteron dan menyeimbangkan hormonnya. Pada waktu menyendiri ini, pria ingin pasangannya bisa menghargai dan memahaminya.

Masalah perempuan merasa tak didengar dan pria merasa tak dihargai ini tampaknya memang hampir ada di setiap hubungan. Butuh komunikasi yang saling terbuka satu sama lain agar pasangan bisa saling memahami kebutuhan masing-masing.

 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penelitian Membuktikan, Pria Berhidung Besar Memiliki Mr.P seperti Ini
Artikel Selanjutnya
5 Titik Sensitif Pria yang Membuatnya Semakin Bergairah di Ranjang