Sukses

Lifestyle

Cara Membersihkan Singkong sebelum Diolah agar Aman Dikonsumsi

Fimela.com, Jakarta Singkong dikenal memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi sehari-hari. Bahkan ada banyak olahan dan varian makanan serta kudapan yang bisa kita buat dari singkong. Tapi apakah cara kita mempersiapkan singkong sebelum diolah agar aman dikonsumsi sudah benar?

Jika singkong tak dibersihkan dengan benar, sejumlah kandungan senyawanya bisa berubah jadi racun. Wah, jangan sampai gara-gara mengonsumsi singkong kita malah keracunan. Untuk itu penting untuk mengetahui cara mempersiapkan singkong dengan benar agar aman dikonsumsi. Sebenarnya tidak sulit, kok. Langsung saja simak infonya di sini, ya.

1. Kupas Kulit Tebal Singkong

Singkong bisa didiamkan satu hari terlebih dahulu sebelum dikupas. Saat mengupas, kita bisa membuat sayatan panjang dari ujung hingga pangkal singkong, baru setelah itu kita kupas bagian tebal kulit singkong tersebut.

2. Kerik Permukaan Singkong

Setelah singkong selesai dikupas, permukaannya bisa dikerik tipis. Selain untuk membuat singkong lebih bersih, nanti ketika direbus atau digoreng bisa menciptakan rasa yang renyah dan lebih kriuk. Setelah selesai dikerik, singkong bisa kembali dicuci bersih untuk kemudian dipotong-potong sesuai selera.

3. Rendam Singkong dalam Air Banyak

Setelah selesai dikupas dan dikerik, singkong bisa direndam dalam air banyak selama beberapa menit. Di sini kita juga bisa sekalian menambahkan bumbu bila ingin membuat olahan singkong dengan cita rasa berbeda. Setelah selesai direndam, baru dibilas dan ditiriskan.

4. Rebus Singkong sebelum Digoreng

Kalau mau membuat olahan singkong goreng, singkong perlu direbus dulu untuk menciptakan tekstur rasa yang renyah dan tidak keras. Karena biasanya kalau langsung digoreng, singkong jadi keras dan kurang gurih ketika dikonsumsi.

Singkong yang sudah menghitam atau memiliki bagian berwarna hitam sebaiknya dibuang dan tidak dikonsumsi. Pilih singkong yang berwarna putih dan permukaannya halus untuk dikonsumsi.

Semoga tips di atas bermanfaat. Sekarang sudah tidak bingung lagi kan saat akan mengolah singkong jadi olahan yang kita inginkan?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading