Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Kue Cucur yang Mengembang dan Berserat, Berikut 4 Tipsnya

Fimela.com, Jakarta Kue cucur punya tekstur yang unik. Jajanan pasar yang satu ini sangat khas dengan teksturnya yang agak liat dan berserat. Sepintas kue cucur ini tampak mudah dibuat, tapi untuk membuat kue yang mengembang dan berserat ternyata ada tipsnya sendiri.

Ketika kita membuat kue cucur sendiri, kadang kita malah mendapati kue terlalu berminyak dan bantat saat digoreng. Sudah mengikuti resep tapi ternyata malah teksturnya terlalu liat sampai susah digigit. Untuk mendapat kue cucur cantik dan berserat, setidaknya kita perlu memperhatikan empat hal berikut ini.

 

Baca juga:

 

1. Tesktur Adonan Harus Benar-Benar Halus

Saat mencampur semua bahan untuk membuat adonan kue cucur, pastikan kita mengaduknya sampai benar-benar halus. Kalau masih bergerindil, harus kembali diaduk sampai teksturnya benar-benar lembut. Mencampurkan bahan-bahan dasar kue cucur, seperti tepung beras, tepung protein sedang, santan, air, dan gula merah bisa pakai mixer bisa juga pakai spatula. Tinggal kita sesuaikan saja lama mengaduk atau mencampurkannya untuk menghasilkan adonan yang tidak bergerindil.

2. Adonan yang Baru Selesai Dibuat Jangan Langsung Digoreng

Ini salah satu kunci utama membuat kue cucur yang bersarang. Kita perlu membiarkan adonan selama kurang lebih satu jam terlebih dahulu. Diamkan sekitar satu jam, agar tekstur bisa lebih berat dan kental. Baru kemudian adonan cucur bisa mulai digoreng untuk mendapatkan hasil yang berserat.

3. Saat Digoreng, Adonan Jangan Sampai Terendam Semua

Untuk menggoren kue cucur, gunakan wajan yang cekung untuk menghasilkan bentuk yang cantik. Minyak harus sudah dalam keadaan benar-benar panas saat adonan masuk. Gunakan minyak secukupnya tapi jangan sampai adonan terendam semua (tidak digoreng dengan teknik deep frying). Misalnya, untuk satu kue cucur bisa pakai 4-5 sdm minyak goreng. Nanti bisa disesuikan lagi dengan besarnya kue cucur yang diinginkan.

4. Saat Kue Cucur Digoreng, Ciprati dengan Minyak

Agar kue cucur bisa makin bersarang saat digoreng, ciprati bagian tengah kue dengan minyak menggunakan spatula. Setiap adonan perlu diciprati dengan minyak dalam proses penggorengannya. Bisa juga dengan sedikit digoyangkan tapi tak perlu terlalu sering dibalik.

Kue cucur sebenarnya cukup mudah dibuatnya selama kita tahu tips dan triknya. Dengan bahan-bahan sederhana dan menggunakan teknik yang tepat, kita bisa membuat kue cucur yang mengembang dan berserat.

 

Baca juga:

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading