Sukses

Lifestyle

Mengapa Teman Penting dalam Hidup? Ini 5 Manfaat Punya Teman

Fimela.com, Jakarta Manusia adalah makhluk sosial, yang tak bisa hidup tanpa manusia lainnya. Dengan kata lain, secara alami manusia membutuhkan teman dalam hidupnya. Namun apa fungsinya teman dalam hidup, dan mengapa setiap orang membutuhkannya?

Ternyata teman menyimpan banyak manfaat dalam kehidupan. Dilansir dari HelpGuide, penelitian dari Harvard Health Publications menunjukkan bahwa memiliki teman akan memberi banyak manfaat kesehatan, seperti berikut ini.

1. Meningkatkan mood

Suasana hati yang baik setiap hari akan memberikan banyak dampak positif dalam hidup, mulai dari lebih banyak senyum, menjalani hari-hari dengan tanpa beban hingga pandangan hidup yang baik. Orang elbih bahagia ketika moodnya baik. Stay a good mood same as staying happy.

2. Menurunkan stres dan depresi

Teman sangat penting menjaga kesehatan mentalmu. Punya teman akan membuatmu tidak merasa kesepian dan sendirian. Karena rasa tertinggal dan kesepian bisa meningkatkan risiko depresi dan keinginan bunuh diri. Memiliki teman mampu melepaskan rasa stres dan tertekan karena kesibukan, teman bisa menghibur dan meringankan beban pikiran.

3. Meningkatkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri

Rasa percaya diri akan meningkat karena teman akan membuatmu memiliki self-worth, membuatmu menghargai diri sendiri karena tahu dirimu dibutuhkan orang lain dan diinginkan di dunia ini.

4. Membuatmu panjang umur

Sebuah penelitian dari Swedia menemukan bahwa memiliki teman akan membuatmu panjang umur. Seimbang dengan memiliki aktivitas fisik yang baik, mempertahankan pertemanan akan memberikan tambahan usia pada hidupmu.

5. Memberi dukungan di kala susah dan tua

Teman dalam hal ini bisa jadi pasangan atau sahabat karib. Dukungan dibutuhkan setiap orang untuk tetap memiliki motivasi dan tujuan hidup. Bukan hanya memberikan dukungan dan motivasi, teman juga bisa meyakinkanmu untuk mempercayai kekuatan dirimu sendiri.

Oleh karena itu, jangan abaikan peran teman dalam hidupmu. Siapa bilang kamu tak butuh teman? Semandiri apa pun dirimu, tetap membutuhkan teman dalam hidup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading