Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Lifestyle

Suami Sering Stres Bisa Turunkan Kualitas Sperma

Fimela.com, Jakarta Selama ini stres memang bisa memengaruhi kesehatan manusia. Nah, studi yang dilakukan oleh Columbia University's Mailman School of Public Health dan Rutgers School of Public Health menunjukkan, stres berbahaya bagi kualitas sperma dan air mani pria.

Stres pada pria nantinya akan mempengaruhi konsentrasi, bentuk dan kemampuan sperma membuahi sel telur. Kualitas air mani merupakan indikator kunci kesuburan pria.

Pria yang merasa stres lebih mungkin memiliki konsentrasi sperma yang lebih rendah dalam ejakulasi mereka, dan sperma mereka lebih cenderung menjadi cacat atau memiliki gangguan motilitas

Hasil penelitian memperlihatkan, stres dalam hidup menurunkan kualitas air mani, bahkan setelah memperhitungkan kekhawatiran pria mengenai kesuburan, sejarah masalah kesehatan reproduksi, atau masalah kesehatan mereka yang lain.

Sebenarnya pengaruh stres ini masih belum sepenuhnya dipahami. Bisa jadi ini dipicu pelepasan hormon steroid disebut glukokortikoid, yang pada gilirannya bisa menumpulkan kadar testosteron dan produksi sperma.

Loading
Artikel Selanjutnya
Waktunya Self Pampering! Halau Stres dengan Rutinitas Body Care yang Bikin Kulit Lembap dan Ternutrisi
Artikel Selanjutnya
Melepas Stres sambil Merawat Tubuh dengan Aromaterapi Eucalyptus Spearmint