Sukses

Lifestyle

3 Cara Mudah Kurangi Pemakaian Plastik

Fimela.com, Jakarta Sampah plastik tengah menjadi isu yang disoroti beberapa waktu belakangan. Banyaknya binatang laut yang ditemukan mati dalam keadaan mengenaskan akibat sampah plastik adalah salah satu penyebab diet plastik ramai-ramai digalangkan.

Memang sudah saatnya kita mengurangi penggunaan plastik. Sebab, barang-barang sekali pakai yang terbuat dari plastik itu akan sulit didaur ulang dan kemungkinan besar hanya akan berakhir menjadi gunungan sampah dan mengancam kestabilan ekosistem.

Tak perlu terlibat dengan kampanye dari badan atau organisasi pecinta lingkungan. Kita bisa kok membantu memangkas penggunaan plastik dengan cara berikut ini.

1. Membawa botol sendiri

Bawa botol dari rumah selama bepergian untuk menghindari kita beli minuman kemasan plastik sekali pakai. Dengan begitu, kita juga bisa sedikit lebih hemat.

 

2. Hindari sedotan plastik

Barang kecil ini ternyata punya dampak negatif yang besar bagi bumi. Lain kali ketika memesan minuman, selain mempertimbangkan untuk bawa botol sendiri pikirkan juga kamu apa kamu benar-benar butuh sedotan atau tidak. Untuk membatasi penggunaan sedotan plastik, sekarang ada alternatif sedotan logam maupun kertas, lho.

3. Hindari kemasan plastik saat belanja

Ketika belanja di supermarket, usahakan untuk membawa kantong atau tas bahan dari rumah. Kita juga bisa memilih untuk tidak belanja sayur atau buah dalam kemasan plastik.

Hal yang sama juga berlaku pada alat makan plastik sekali pakai. Intinya, selama ada opsi untuk tidak memakai plastik, pilihlah opsi tersebut. Yuk sama-sama kurangi pemakaian plastik!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading