Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kepribadian ENFJ, si Pemersatu yang Sangat Sensitif

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator? Dalam tes tersebut, kepribadian manusia digolongkan menjadi 16 tipe. Salah satunya adalah ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging).

Seseorang dengan tipe kepribadian ENFJ ini umumnya dikenal sebagai pribadi yang hangat dan suka berteman. Dilansir dari verywellmind.com, seorang ENFJ bisa jadi sosok pemersatu karena bisa berteman dengan orang-orang dari berbagai karakter. Berteman dengan orang-orang yang tampak tertutup pun mereka bisa. Untuk mengetahui lebih jauh soal tipe kepribadian ENFJ ini, yuk simak infonya berikut ini.

1. Bisa Bergaul dengan Berbagai Macam Orang

Seorang ENFJ bisa memiliki banyak sekali teman. Lingkaran sosialnya bisa begitu luas. Hal ini karena ia bisa bergaul dengan orang dari berbagai macam karakter dan tipe kepribadian. Ada kepuasan dan kebahagiaan sendiri bila ia bisa membantu orang-orang di sekitarnya tanpa pandang bulu.

2. Sering Berkorban untuk Orang Lain

Saking pedulinya terhadap orang lain, kadang seorang ENFJ sampai mengorbankan dirinya sendiri. Lebih mengutamakan kepentingan orang lain daripada diri sendiri. Sering mendahulukan kebutuhan orang lain dari orang-orang di sekitarnya daripada kebutuhan pribadi.

3. Terlalu Keras pada Diri Sendiri

Saat muncul masalah, seorang ENFJ cenderung menyalahkan diri sendiri. Tapi begitu ada sesuatu yang berhasil, dia tak memberi diri mereka kesempatan untuk bahagia. Dengan kata lain, cenderung keras pada diri sendiri.

4. Sangat Sensitif

Punya tingkat kepekaan yang tinggi. Pun bisa sangat sensitif terhadap orang-orang dan lingkungan di sekitarnya. Kadang karena saking pedulinya sampai ikut turun tangan untuk memberi semangat atau membantu suasana hati orang lain jadi lebih baik. Meski sangat suka membantu orang lain, pada saat-saat tertentu seorang ENFJ butuh waktu sendiri untuk menjernihkan pikirannya.

5. Bisa Menyatukan Pendapat Banyak Orang

Seorang ENFJ bisa jadi pemimpin yang baik. Mampu menyatukan pendapat banyak orang. Bisa membantu mengambil sebuah keputusan yang tepat untuk semua orang. Sosoknya bisa cukup persuasif dan inspiratif di berbagai situasi.

Abraham Maslow, Peyton Manning, Barack Obama, dan Bono adalah orang-orang terkenal yang memiliki kepribadian ENFJ. Lima ciri di atas adalah ciri umum yang dimiliki oleh seorang ENFJ. Info ini pun bisa kita jadikan salah satu referensi untuk mengenal kepribadian ENFJ. Siapa tahu di antara kita ada yang memiliki kepribadian ini, atau mungkin ada orang terdekat kita yang punya tipe kepribadian ini.

Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading