Sukses

Lifestyle

5 Fungsi Utama Air Kelapa dalam Berbagai Masakan!

Fimela.com, Jakarta Sebagai negara yang berada di area tropis, Indonesia merupakan negara yang memiliki pasokan kelapa yang cukup melimpah. Karena banyaknya kelapa, tidak heran jika kemudian kelapa, dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai salah satu bumbu atau bahan makanan.

Salah satu bagian kelapa yang sering digunakan di dalam masakan adalah air kelapa. Umumnya santan adalah bahan dari kelapa yang sering dipakai, tapi bagaimana dengan air kepalanya sendiri yang bening? Apa sebenarnya fungsi air kepala dalam masakan?

1. Memperkaya rasa

Air kelapa memiliki rasa manis alami. Dibandingkan menggunakan lebih banyak gula, ada baiknya menambahkan air kelapa segar sebagai pengganti gula. Meski memang tidak serta merta menggantikan gula, namun menambahkan air kelapa ke dalam masakan seperti kare, gulai, opor atau berbagai masakan berkuah lainnya akan memperkaya rasa makanan.

2. Penyedap alami

Selain rasa manis yang dominan, air kelapa juga membawa rasa gurih yang membuat makanan sedap. Penggunaan air dalam berbagai masakan bisa diganti dengan air kelapa untuk memberi rasa sedap alami.

3. Menguatkan aroma masakan

Makanan-makanan sepeti nasi kuning, ayam ungkep, bacem, agar-agar atau bubur akan memiliki aroma sedap manis gurih yang berbeda dibanding jika tidak menggunakan air kelapa. Aroma air kelapa yang harum akan meningkatkan selera makan.

4. Menghilangkan bau tak sedap

Jika memasak menu seafood atau daging yang amis atau berbau seperti daging kambing, merendamnya dengan air kelapa atau menambahkan air kelapa sebagai bahan masakan akan membantu menghilangkan bau tak sedap pada makanan. Untuk masak ikan berkuah, cukup ganti air biasa dengan air kelapa ini.

5. Membuat daging empuk

Menambahkan air kelapa ke dalam masakan ternyata juga membantu mencegah daging alot, mempermudah proses pengempukan daging. Masak dengan menggunakan presto juga tidak butuh waktu terlalu lama, daging akan empuk dan lembut.

Ternyata, itu sekian fungsi atau manfaat air kelapa dalam berbagai masakan. Jadi, jangan dibuang jika membeli kelapa utuh, karena air kelapa segar sangat bisa dimanfaatkan untuk keperluan memasak.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Pasang Tugu Sepatu untuk Mempercantik Jakarta
Artikel Selanjutnya
Jakarta Menduduki Peringkat 9 di Dunia Terkait Polusi Udara, Data Menunjukan PSBB dan PPKM Tidak Berpengaruh