Sukses

Lifestyle

Tingkatkan Kesehatan, Kenali Gejala Gigi Sensitif dan Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Gigi sensitif atau hipersensitivitas dentin merupakan kondisi klinis umum yang umumnya dikaitkan dengan permukaan dentin yang terbuka. Hal ini paling sering disebabkan oleh hilangnya lapisan email yang meluas ke dentin. Gigi sensitif kebanyakan mempengaruhi individu pada usia 20-40 tahun dan menyebabkan ketidaknyamanan pada penderitanya.

Gaya hidup urban yang serba instan dan padat, juga memiliki dampak yang mampu mempengaruhi timbulnya gigi sensitif. Tidak hanya kopi hitam maupun es krim, pola makan sehat seperti infused water dan konsumsi jus buah-buahan yang tinggi kadar asamnya juga mampu mengakibatkan gigi sensitif.

Ditambah juga sekarang memang sedang tren generasi muda saat ini yang selalu ingin tampil sempurna dengan melakukan perawatan gigi yang estetik seperti, bleaching dan veneer yang kini sangat diminati.

Mengenali Tanda Keluhan Gigi Sensitif dan Penyebabnya

Menurut survey yang dilakukan oleh Unilever melalui badan riset independen IPSOS pada tahun 2018 memperlihatkan bahwa 1 dari 5 penduduk di Indonesia atau 19% dari total populasi mengalami keluhan gigi sensitif.

Penderita gigi sensitif tersebut dibagi menjadi dua kategori: penderita ringan (13%) dan penderita berat (6%). Dari total penderita tersebut, 93% dari total penderita tidak mengambil tindakan apapun untuk mengatasi keluhan gigi sensitifnya. Survey juga menunjukkan bahwa penderita gigi sensitif juga menderita penyakit gusi, ulcers pada mulut, gigi goyang dan erosi email pada gigi.

 

Penyebab gigi sensitif

Apabila kamu seringkali merasakan ngilu pada gigi pada saat mengonsumsi makanan dingin dan asam, dapat diasumsikan bahwa kamu mengalami keluhan gigi sensitif. Ada beberapa penyebab gigi sensitif, berikut diantaranya:

1. Resesi gusi yang terjadi karena adanya infeksi gusi atau gingivitis.

2. Abrasi gigi akibat cara menyikat gigi yang salah menyebabkan dentin terbuka dan gigi mudah ngilu.

3. Treatment gigi seperti scaling (pembersihan karang gigi), atau bleaching dan veneer menyebabkan gigi ngilu.

4. Erosi gigi akibat makanan dan minuman yang mengandung kadar asam tinggi atau berkarbonasi menyebabkan rangsangan ke dentin yang terbuka, sehingga menyebabkan rasa ngilu.

5. Keluhan gigi sensitif dan gingivitis umumnya rentan untuk diderita oleh wanita yang sedang dalam masa kehamilan.

Keluhan gigi sensitif umumnya dapat dihindari apabila kamu melakukan perawatan dan pemeliharaan gigi yang efektif dan dapat dikurangi dengan penggunaan pasta gigi sensitif secara tepat dan rutin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading