Sukses

Lifestyle

Penyebab Berat Badan Naik Drastis Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Biasanya karena efek puasa selama satu bulan, badan akan terlihat lebih kecil karena menyusutnya berat badan selama berpuasa. Namun, ada juga sebagian orang yang malah naik berat badan secara drastis. Nah, kok bisa?

Penyebab berat badan malah naik drastis selama puasa dikarenakan pola makanan yang kurang benar, ditambah juga makanan yang dikonsumsi berlebihan. Karena puasa seharian menahan haus dan lapar, biasanya ketika buka puasa akan kalap makan apa saja yang kamu suka.

Padahal, jika kamu tetap menjaga makanan atau minuman yang dikonsumsi, bisa saja berat badan berkurang. Namun kalau sudah kalap dan tidak menentu apa saja yang dimakan, siap saja jika berat badanmu malah naik drastis. Lalu, bagaimana cara mengatisipasinya?

Menghindari berat badan naik saat puasa

Untuk tetap menjaga berat badan seimbang atau bisa saja mengurang, ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat menyantap makanan buka puasa atau sahur. Diantaranya yaitu:

1. Kurangi makan gorengan

Gorengan merupakan makanan yang mengandung banyak kalori. Meskipun gorengan sangat nikmat dimakan hangat saat buka puasa, namun makanan satu ini jika dimakan terlalu sering akan menumpukkan lemak di tubuh.

2. Batasi makan manis

Jangan tergiur oleh takjil manis setiap berbuka puasa. Boleh makan takjil, namun jangan terlalu sering atau bahkan dijadikan kewajiban setiap buka puasa. Makanan manis selain memiliki banyak kalori, jika dimakan terlalu sering pun akan berdampak kurang baik pada keadaan tubuh.

Nah, untuk itu lebih baik banyak mengkonsumsi air putih atau minuman hangat selama puasa. Tidak lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan ataupun sayuran untuk menjaga stamina tubuh.

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Menghambat Obesitas dan Tingkatkan Fungsi Otak