Sukses

Lifestyle

Langsing dan Sehat, Tips Diet Saat Berpuasa Ini Bisa Kamu Ikuti

ringkasan

  • Puasa bukan berarti kamu tidak bisa menjalani diet.
  • Salah satu hal yang bisa membuatmu selalu on track adalah banyak minum dan makan makanan sehat.
  • Jangan lupa juga untuk berolahraga seperti yoga, pilates, dan berjalan kaki.

Fimela.com, Jakarta Meski Ramadan sudah kunjung usai, namun semangat untuk hidup sehat selama berpuasa tidak boleh luntur. Memang, undangan berbuka puasa bersama menumpuk dan seakan setiap minggu terus datang. 

Belum lagi godaan jajanan takjil yang sungguh lezat, namun gorengan yang penuh dengan minyak serta makanan sangat manis bisa mengahancurkan dietmu. 

Untuk itu, meski Lebaran sudah dekat, jangan sampai kalah dan menyerah untuk menjalankan diet sehatmu di Bulan Suci ini. Dengan cara, mengontrol asupan gizi yang seimbang. Dilansir dari Independent, ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan agar kamu tidak patah semangat dan tetap dalam koridor program dietmu. 

Hidrasi Tubuh

Menghidrasi tubuh dengan banyak minum itu penting. Kadang, selama berpuasa tubuh menjadi kekurangan kadar cairan tubuh. Ini kerap disebabkan kamu lupa untuk minum minimal 8 gelas per hari. 

Atasi hal ini dengan minum paling tidak 3 gelas pada saat sahur, 2 gelas pada saat berbuka puasa, dan 2 gelas pada saat makan malam, dan 1 gelas lagi sebelum tidur. 

Tetap Makan Makanan Sehat

Jika bisa, selalu sahur dan berbuka puasa dengan makanan rumahan. Artinya, kamu sendiri yang memasaknya di rumah. Dengan begini, kamu akan bisa lebih leluasa mengontrol nutrisi yang masuk ke tubuh. 

Jika terlalu sulit karena pekerjaan dan aktivitas di luar rumah yang padat, kamu bisa mengatasinya dengan menjauhi gorengan dan makanan yang terlalu manis. Bukan berarti kamu harus menghindari kurma ya! Melainkan es sirup dan minuman serta camilan lainnya yang terlalu banyak mengandung gula. 

Tetap Olahraga

Memang, puasa akan membuatmu terlalu melelahkan jika harus tetap menjalankan rutinitas olahraga seperti biasa. Karena itu, sebaiknya kamu stop dulu olahraga berat seperti angkat beban, kardio, dan segala yang termasuk high impact workout. 

Pilihlah olahraga yang lebih tidak banyak menguras tenaga dan membuatmu haus. Seperti berjalan, pilates, dan yoga. 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading