Sukses

Lifestyle

Agar Rumah Selalu Aman Saat Ditinggal Mudik, Begini Tipsnya

ringkasan

  • Cek semua bagian rumah sebelum meninggalkannya untuk mudik.
  • Lapor ke RT/RW dan minta tolong tetangga untuk menjaga rumahmu selama ditinggal mudik.

Fimela.com, Jakarta Tak terasa Ramadan akan segera berakhir dan Lebaran pun tiba. Menjelang momen lebaran, sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk mudik atau pulang ke kampung halaman masing-masing. Dengan adanya momen mudik, rumah pun tidak jarang kosong karena ditinggal mudik. Apakah rumahmu termasuk salah satu rumah yang kosong karena ditinggal mudik baik oleh dirimu sendiri juga asisten rumah tangga?

Agar rumah yang ditinggal mudik senantiasa aman, ada beberapa tips yang harus dirimu perhatikan Sahabat Fimela. Jangan sampai rumah kosong yang ditinggal mudik lantas menjadi sasaran penjahat untuk melakukan tindakan kriminal. Berikut tips rumah yang ditinggal mudik aman selalu.

Lapor Ketua RT atau RW

Tips pertama adalah lapor ketua RT dan RW atau pengurus keamanan lingkungan setempat. Dengan melaporkan hal ini, semua warga masyarakat yang masih tinggal di lingkunganmu akan saling menjaga keamanan lingkungan satu sama lain. Tak hanya lapor RT atau RW, dirimu juga bisa meminta bantuan tetangga terdekat yang tidak mudik untuk menjaga rumahmu.

Tips Rumah Aman Ditinggal Mudik

Kunci Semua Jendela dan Pintu

Pastikan untuk mengunci semua jendela dan pintu. Jangan sampai ada satu bagian rumah yang terbuka dan bisa dimasuki orang lain dengan mudah. Sebelum meninggalkan rumah, pastikan untuk mengecek keamanan rumah. Jika dengan mengunci rumah dirasa tidak cukup, tak ada salahnya memasang gembok keamanan khusus dan memasang CCTV.

Cabut Aliran Listrik dan Gas

Tips selanjutnya adalah cabut aliran listrik dan gas di rumah. Matikan alat elektronik yang tidak perlu selama mudik seperti TV, Lemari Es dan sejenisnya.

Kosongkan Tempat Penampungan Air

Usahakan untuk mengosongkan tempat penampungan air di rumah. Mengosongkan tempat penampungan air ini dilakukan demi mencegah perkembangbiakan nyamuk. Mengosongkan tempat penampungan air juga dilakukan agar rumah senantiasa bersih dan sehat.

Buang Sampah, Bersihkan dan Rapikan Rumah

Pastikan untuk membuang sampah baik itu sampah plastik, organik atau lainnya. Bersihkan dan rapikan rumah juga sebelum ditinggal mudik. Rumah yang kotor dan berserakan hanya akan menimbulkan perkembangan virus juga bakteri. Sapu dan pel lantai juga lap meja, kursi, kaca serta peralatan rumah lainnya.

Tips Rumah Aman Selama Mudik

Amankan Barang-barang Berharga

Taruh atau letakkan barang-barang berharga di tempat yang paling aman di rumah. Amankan perhiasan, surat-surat penting dan barang berharga lainnya di tempat yang dipastikan aman juga tak berisiko basah maupun terbakar.

Nyalakan Lampu Seperlunya Saja

Meski ditinggal mudik, tetap penting menyalakan lampu rumah bagian depan. Ini agar rumah terlihat terang. Menyalakan lampu seperlunya saja misal di bagian teras rumah akan membuat rumah lebih aman dan membuat masyarakat sekitar lebih mudah memantau keamanan rumahmu.

Bayar Orang untuk Jaga Rumahmu

Jika dengan tips di atas Sahabat Fimela masih khawatir dengan keamanan rumah, jangan segan untuk membayar orang dan menjaga rumahmu. Minta tolonglah pada orang yang terpercaya dan benar-benar jujur serta tanggung jawab.

Itulah beberapa tips agar rumah selalu aman selama ditinggal mudik. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mudik bagi dirimu yang mudik. Semoga Ramadan dan Lebaran tahun ini semakin berkah serta mengesankan.

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading