Sukses

Lifestyle

Otak Perempuan 3-4 Tahun Lebih Muda dari Laki-Laki, Menurut Penelitian!

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa hal yang bisa dibedakan antara laki-laki dan perempuan, mungkin salah satunya adalah otak. Otak perempuan bukan hanya lebih kecil, namun seringkali lebih cerdas. Namun tahukah fakta lain bahwa ternyata otak perempuan juga lebih muda sekian tahun dari otak pria?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Washington University School of Medicine menemukan bahwa otak perempuan tiga tahun lebih muda dibandingkan otak pria dengan usia yang sama. Temuan ini sekaligus menjadi penjelasan mengapa perempuan lebih mampu menjaga kekuatan mental dan mempertahankan keterampilan kognitifnya lebih lama daripada pria.

Penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences dan melibatkan 121 perempuan dan 84 laki-laki ini menemukan bahwa metabolisme otak dalam menggunakan gula memberi pengaruh besar terhadap usia otak keduanya.

Otak Perempuan Lebih Muda dari Pria

Peneliti menggunakan teknik scanning otak yang disebut positron emission tomography untuk mengukur aliran oksigen dan glukosa dan melihat bahwa berbagai prosesnya menunjukkan bahwa rata-rata otak perempuan 3,8 tahun lebih muda dibanding pria.

Perempuan yang sehat memiliki metabolisme otak yang lebih baik, dimulai dari awal masa dewasa dan ini berlanjut hingga usia tua, dan inilah yang menyebabkan otak perempuan lebih awet muda.

Tentu saja, gaya hidup sangat berpengaruh menentukan sehat dan muda tidaknya otak. Jadi, jika ingin otak tetap awet muda, selalu jaga kesehatan ya Sahabat Fimela.

Tonton juga video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading