Sukses

Lifestyle

4 Tips Ritual Malam Hari agar Bangun Pagi Bisa Lebih Cantik

ringkasan

  • Minum Air Putih
  • Hindari Makanan yang Mengandung Garam
  • Cuci Wajah

Fimela.com, Jakarta Bangun pagi bisa terlihat fresh dan cantik, wah pasti kita bisa langsung semangat menyambut hari. Tapi kalau bangun pagi wajah kita tampak kusut, awal hari akan diwarnai bad mood yang tidak menyenangkan. Ada sejumlah cara atau ritual malam hari yang bisa kita lakukan untuk bisa tampak cantik saat bangun di pagi hari.

Dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di NYC seperti yang dikutip dari bustle.com menjelaskan bahwa wajah kemerahan dan bengkak dapat disebabkan oleh inflamasi yang meningkat dan sirkulasi yang menurun serta penumpukan cairan di sekitar mata dan pipi. Sehingga ketika kita tidur malam hari sekitar tujuh jam, maka wajah memang akan tampak agak bengkak karena posisi tubuh yang horizontal. Supaya wajah bisa tampak lebih cantik ketika bangun di pagi hari, ada beberapa cara yang bisa dicoba berikut ini.

1. Minum Air Putih

Dehidrasi adalah penyebab paling umum yang membuat wajah bengkak. Cukupi kebutuhan cairan tubuh sebelum tidur. Kita bisa minum air putih sebelum tidur. Tapi kalau khawatir akan terbangun tengah malam karena kebelet buang air kecil, kita bisa coba minum air putih satu jam sebelum tidur. Lalu, baru ketika akan tidur kita bisa buang air kecil terlebih dahulu supaya tidak terbangun ketika tengah tidur untuk buang air kecil.

2. Hindari Makanan yang Mengandung Garam

Dr. Nazarian mengatakan bahwa garam bisa menarik lebih banyak cairan dan membuat wajah kita tampak bengkak. Jadi bila tidak ingin bangun pagi dengan wajah bengkak, hindari konsumsi makanan yang mengandung garam ketika akan tidur pada malam hari. Camilan yang mengandung garam dan sodium seperti keripik, popcorn, dan camilan yang mengandung MSG sebaiknya tidak dikonsumsi ketika akan menjelang waktu tidur pada malam hari.

 

3. Cuci Wajah

"Riasan wajah dapat menyebabkan inflamasi dan iritasi pada kulit (dan mata) sehingga membuat warna kulit jadi kemerahan dan tidak rata," jelas Dr. Nazarian. Sehingga sangat penting untuk membasuh dan mencuci wajah sebelum tidur. Sisa makeup, kotoran, dan minyak berlebih pada kulit perlu benar-benar dibersihkan sebelum tidur. Sehingga ketika bangun tidur keesokan paginya wajah bisa tampak lebih cerah.

4. Tidur dengan Bantal yang Nyaman

Posisikan kepala lebih sedikit lebih tinggi ketika tidur. Gunakan bantal yang cukup nyaman untuk menyangga leher dan kepala supaya sirkulasi darah dan limfa bisa lancar. Ketika sirkulasi darah dan limfa lancar, risiko mata bengkak ketika bangun tidur bisa dikurangi.

Penting juga untuk menghindari minuman beralkolhol pada malam hari agar bisa bangun pagi dengan wajah lebih segar. Dengan empat tips sederhana di atas kita bisa mengusahakan mendapat tidur yang lebih nyenyak serta bangun tidur dengan wajah lebih cantik.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading