Sukses

Lifestyle

Ingin Sukses Bisnis Kuliner? Begini Cara Memahami Perilaku Konsumen

Fimela.com, Jakarta Dengan banyaknya kuliner yang ada di Indonesia, tentu menjadikannya sebagai negara dengan potensi yang cukup besar untuk bisnis kuliner. Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menyebut bahwa tahun ini pertumbuhan ekonomi di sektor kuliner diperkirakan akan meningkat sebesar 9 persen dibanding tahun lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun Zomato pada Mei 2019, sebanyak 1057 restoran baru muncul di Jakarta. Sementara, 375 restoran terpaksa harus gulung tikar di bulan yang sama. Hal ini membuat pada pengusaha bisnis kuliner bukan hanya sekadar menumbuhkan bisnis, melainkan juga harus berkembang dan berkelanjutan.

Menyadari akan adanya kebutuhan akan pengetahuan soal perkembangan bisnis kuliner di Indonesia, Zomato menghadirkan Zomato Skillet. Ini merupakan sebuah kelas yang dibuat untuk pengusaha bisnis kuliner.

Dalam Zomato Skillet, pengusaha bisnis kuliner akan diberi materi soal pentingnya menjaga kelangsungan usaha kuliner dengan cara memahami konsumen. Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan untuk memahami konsumen ini.

 

 

Cara sukses di bisnis kuliner

Di antaranya adalah menciptakan segmentasi untuk bisnis kuliner. Kemudian mencari tahu demografis dari konsumen. Demografis ini bisa dicari berdasarkan usia, pekerjaan, jenis kelamin, hingga letak geografis.

Kemudian menciptakan alasan agar konsumsn harus datang ke restoran. Terakhir, memasukan aspek aplikasi digital dalam bisnis kuliner.

Aspek aplikasi digital menjadi salah satu yang cukup penting. Melalui aplikasi digital ini, para pengusaha bisnis kuliner akan dimudahkan untuk memahami karakteristik dan pelaku konsumen mereka. Mulai dari cara menemukan restoran, menikmati sajian makanan, metode pembayaran, hingga menyebarkan informasi tentang restoran.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading