Sukses

Lifestyle

4 Cara Merawat Saringan Logam agar Awet Tidak Mudah Karatan

Fimela.com, Jakarta Saringan logam seringkali dipakai saat memasak, baik untuk mengangkat makanan yang digoreng maupun yang direbus. Tapi karena bahannya yang logam, jika tidak dirawat dengan baik, biasanya akan cepat rusak atau bahkan karatan. Ini acaranya agar saringan logam awet tidak gampang karatan.

1. Segera keringkan setelah dicuci

Setelah digunakan, pastikan selalu langsung mengeringkan saringan dari sisa air. Seringkali air akan mempermudah saringan karatan. Jadi setelah dicuci bisa dilap kain kering dan angin-anginkan.

2. Gunakan saringan berbeda untuk goreng dan rebus

Jangan mencampur jadi satu atau menggunakan satu saringan yang sama. Bedakan saringan untuk menggoreng saja dan merebus saja. Karena perbedaan bahan yang bersentuhan dengan saringan, bisa mempercepat kerusakan saringan atau membuat bahan logamnya mengelupas.

 

3. Bersihkan dengan sisi halus spon cuci piring

Saringan yang digunakan harus dibersihkan menggunakan bagian spon yang halus, sla-selanya harus digosok menyeluruh menggunakan spon. Cara ini akan meminimalkan risiko mengelupas permukaan logam dan mempermudah pembersihan.

4. Sering digunakan

Saringan yang jarang digunakan akan lebih cepat karatan. Jadi sebisa mungkin beli seperlunya dan sering digunakan. Untuk mencegah adanya bakteri atau sisa makanan yang menempel, sesekali rebus saringan dengan air bersih paling tidak 2 minggu sekali jika pemakaiannya cukup sering.

Itu dia sekain cara menjaga saringan logam untuk memasak awet tahan lama.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading