Sukses

Lifestyle

4 Tips Sehat bagi Perempuan yang Seharian Duduk Berjam-jam untuk Bekerja

Fimela.com, Jakarta Bekerja berjam-jam duduk di depan komputer atau laptop setiap hari ternyata bisa mengganggu kondisi kesehatan kita. Memang sepintas tubuh seperti tidak gampang capek karena duduk seharian. Tapi ternyata kondisi ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh baik secara fisik maupun mental.

Agar rutinitas kita yang seharian duduk berjam-jam untuk bekerja tidak berdampak buruk pada kesehatan, kita harus melakukan sejumlah tindak pencegahan. Ada sejumlah tips dan tindak pencegahan yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan di tengah rutinitas pekerjaan yang tak bisa lepas dari monitor.

1. Selalu Ambil Jeda untuk Berdiri dan Jalan-Jalan

Duduk berjam-jam dan menjadi rutinitas harian dalam jangka waktu lama bisa memengaruhi postur tubuh kita. Dilansir dari lifehack.org, sendi-sendi tubuh bisa mulai terasa nyeri, fleksibilitas tubuh menurun, dan energi juga semakin berkurang. Untuk itu di sela-sela bekerja, usahakan untuk mengambil jeda setiap beberapa menit sekali untuk berdiri dan berjalan-jalan. Sekadar berjalan ke toilet atau ke pantry bisa bantu memperbaiki kondisi tubuh.

2. Olahraga Rutin

Aktivitas fisik dan gerak tubuh perlu dilakukan setiap hari. Olahraga rutin akan sangat membantu kondisimu untuk tetap bugar di tengah rutinitas harus bekerja berjam-jam di depan komputer setiap hari. Olahraga lari, bersepeda, atau ikut kelas aerobik bisa bantu menjaga kesehatan tubuhmu.

 

 

3. Kurangi Camilan Tinggi Gula dan Karbohidrat

Berlebihan mengonsumsi karbohidrat, lemak, dan gula bisa mengganggu sistem pencernaanmu. Bahkan bisa membuat berat badan naik. Obesitas merupakan masalah serius yang dihadapi oleh para pekerja yang sehari-hari menghabiskan banyak waktu dudukb ekerja. Apalagi bila kolesterol dan tekanan darah naik, gangguan kesehatan seperti masalah jantung bisa jadi problema tersendiri.

4. Dapatkan Tidur Cukup

Kurang tidur bisa membuat tubuh kurang berenergi. Bila hal ini terjadi, kita akan merasa sangat sensitif dan mudah marah. Dampaknya produktivitas akan menurun sehingga semangat bekerja akan menurun. Tidur yang cukup setiap harinya akan sangat membantu menjaga semangat dan produkivitas kerjamu dengan lebih baik.

Empat hal di atas adalah hal dasar yang pelru kita ikuti untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit di tengah rutinitas yang mengharuskan kita menghabiskan waktu berjam-jam duduk di depan komputer. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading