Sukses

Lifestyle

Fakta Menarik di Balik Manfaat Tidur Siang

Fimela.com, Jakarta Saat kecil, seringkali kita menolak untuk tidur siang. Tapi di usia dewasa, tidur siang sangatlah dibutuhkan. Tapi apa daya, kesibukan padat membuat kita sulit untuk mendapatkan waktu tidur siang. Seperti yang dilansir dari Yourtango.com, ternyata tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Walau waktu yang kamu miliki cukup singkat, tapi ternyata tidur siang berkualitas benar-benar membantu tubuh agar lebih segar dan produktif. Lalu, manfaar lain apakah yang diberikan tidur siang bagi tubuh? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Bagi pemula, tidur siang akan meningkatkan tubuh agar lebih prima

Banyak dari kita yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan karena kurang cukup tidur. Dengan tidur siang, maka akan menjadi cara terbaik bagi tubuh untuk mengoptimalkan energi, meningkatkan daya tahan tubuh dan juga otak. Oleh sebab itu, luangkan waktu saat makan siang untuk tidur sejenak agar energi kian bertambah.

Jika kamu terlalu lelah, maka kamu bisa melakukan caffeine nap. Caranya sangat mudah, yaitu dengan konsumsi kopi dan tidur sejenak selama 30 menit setelahnya. Langkah ini dapat membantu meningkatkan kadar energi dalam tubuh secara maksimal. 

Manfaat tidur siang

2. Tidur siang menyegarkan otak

Di saat kamu merasa sakit kepala atau kesulitan fokus, maka tidur siang dapat membantu kamu untuk lebih konsentrasi, menjaga mood lebih stabil, dan membantu memulihkan pikiran. Semakin kamu bahagia, maka kamu akan semakin sehat. Jadi, dengan tidur siang, maka kamu juga membantu untuk meminimalisir mental illness yang mungkin dialami. Tapi ingat, di saat kamu sudah rutin melakukan tidur siang, namun masih sering merasa cemas dan depresi, maka saatnya untuk menanyakan masalah ini kepada profesional.

3. Tidur siang mengurangi keinginan untuk makan

Di saat kita lelah, biasanya hasrat untuk makan lebih besar. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi tinggi karbohidrat, lemak, dan gula, sudah pasti makanan tersebut tidak baik bagi tubuh. Jenis makanan tersebut juga mampu meminimalisir energi dalam tubuh sesaat kamu mengonsumsinya. Jadi, cobalah untuk makan lebih cepat dan lakukan tidur siang sejenak setelahnya. Cara ini baik untuk membantu meningkatkan energi dalam tubuh sekaligus meminilaisir keinginan makan berlebih yang bisa membuat obesitas.

Jadi kini, dengan mengetahui manfaat tidur siang bagi kesehatan, maka tak ada salahnya untuk mulai menerapkannya dalam keseharian agar tubuh lebih sehat dan bugar.

#GrowFearless with FIMELA

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading