Sukses

Lifestyle

Fimela Fest 2019: 3 Tips Mudah Memulai Diet Hidup Vegan

Fimela.com, Jakarta Ketika hendak memilai diet vegan, ada banyak tantangan yang akan kamu hadapi. Tidak sesederhana mengganti menu, vegan akan mengharuskanmu untuk mengubah seluruh gaya hidupmu pula. Meski ada begitu banyak tips dan tuntunan untuk memulai gaya hidup ini, tetap saja prosesnya tidak mudah. 

Bayangkan, ketika kamu sangat menyukai daging, produk olahan susu, dan segala jenis makanan lezat yang menjadi pantangan dalam diet vegan yang akan selalu menggodamu hampir setiap saat. 

Belum lagi mengatur asupan nutrisi, sehingga kamu tidak hanya sekadar makan sayuran dan buah-buahan. Karena, meskipun menjalani diet vegan, karbohidrat, rangkaian vitamin, dan juga protein tetap harus masuk ke dalam tubuh dengan seimbang. Agar tubuhmu tidak 'kaget' ketika mengubah gaya hidup, simak beberapa tips dari the Thriving Vegan untuk kamu yang baru memulai diet ini. 

Siapkan Diri

Mengubah seluruh pola makan dan gaya hidup menjadi plant-based secara mendadak tentu saja akan terasa berat. Mulailah dengan mempersiapkan dirimu sendiri dengan mempelajari tentang nutrisi makanan. 

Mana makanan yang terbuat dari tanaman yang mengandung vitamin, zat besi, protein, dan lain sebagainya. Pelajari juga konsep vegan dari RD B. David dan V. Melina mengenai porsi makan dan biji-bijian apa saja yang harus kamu kamu makan agar nutrisi teta seimbang. 

Cari Tahu Toko Terdekat

Berlenja sayuran mungkin mudah di Indonesia. Ada begitu banyak pasar yang menjual sayuran dan biji-bijian, termasuk umbi-umbian. Tetapi, tidak semua orang memiliki waktu untuk berbelanja setiap hari ke pasar tradisional. Jadi, carilah alternatif lainnya seperti toko online yang menjual bahan makanan segar. Kalau perlu yang memiliki sertifikat organik. 

Gradual Transition

Seperti yang tadi disebutkan, mengubah seluruh pola makan dan gaya hidup menjadi vegan sekaligus akan terasa sangat berat. Kenapa tidak melakukannya secara bertahap? Biar lebih mudah, bikin challange untuk dirimu sendiri. 

Misalnya, satu minggu ini targetnya tidak makan daging merah. Minggu depan, kamu bisa meningkatkannya menjadi tanpa daging merah dan produk olahan susu. Once you get used to it, start your own 30-day challenge. 

***

#Growfearless with FIMELA

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Jangan lupa untuk mengikuti Cooking Demo: Simple Vegan Food with Komunitas Jakarta Vegan Guide! Yuk, daftarkan dirimu di sini!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading