Sukses

Lifestyle

Ketahui Makanan Baik dan Buruk untuk Dikonsumsi bagi Penderita Sakit Maag

Fimela.com, Jakarta Bagi penderita maag, makanan adalah hal yang paling penting untuk di perhatikan. Menjaga pola makan yang teratur sudah menjadi kewajiban yang tidak boleh dilewatkan oleh para penderita sakit maag. Namun, saat aktivitas sedang padat sering kali pola makan menjadi tidak teratur. Dilansir dari webmd.com, kamu wajib mengetahui makanan apa saja yang baik di konsumsi dan yang tidak baik dikonsumsi oleh para penderita sakit maag, diantaranya:

1. Makanan dengan Probiotik

Makanan seperti yogurt, miso, kimchi, sauerkraut, kombucha, dan tempe kaya akan bakteri baik yang disebut probiotik. Mereka dapat membantu peradangan yang terjadi pada dinding lambung yang menyebabkan sakit maag dengan melawan infeksi H. pylori atau dengan membantu perawatan bekerja lebih baik.

2. Makanan Kaya Serat

Apel, pir, oatmeal, dan makanan lain yang tinggi serat bagus untuk mengatasi maag. Serat dapat menurunkan jumlah asam di perut sehingga mengurangi rasa kembung dan nyeri. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet kaya serat dapat membantu mencegah penyakit maag.

3. Makanan ini tinggi vitamin A

Dimana dapat membantu mengecilkan dan mencegah terjadinya peradangan di lambung. Makanan lain dengan dosis vitamin A yang baik diantaranya bayam, wortel, blewah, dan hati sapi.

4. Paprika merah

Kaya akan vitamin C, yang dapat membantu melindungi dinding lambung yang meradang. Vitamin C memainkan peran penting dalam penyembuhan luka. Kamu bisa mendapatkan nutrisi vitamin C ini dalam buah jeruk, stroberi, kiwi, dan brokoli. 

Menderita maag, ini makanan yang harus dihindari

Selain makanan-makanan baik diatas, kamu juga harus memperhatikan makanan apa saja yang tidak boleh di konsumsi bagi penderita sakit maag.

1. Susu

Susu tidak bisa mencegah atau meredakan maag. Faktanya, ini bisa membuat keadaan menjadi lebih buruk dengan mendorong perut dalam memperoduksi lebih banyak asam.

2. Alkohol

Jika kamu rentan sakit maag, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang megandung alkohol. Penelitian telah menunjukkan bahwa minuman keras dapat menyebabkan iritasi dan bahkan dapat merusak saluran pencernaan.

3. Makanan berlemak

Makanan berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, yang dapat menyebabkan sakit perut dan kembung, ini dapat memperburuk kondisi lambung, maka sebaiknya kamu harus menghindari makanan berlemak.

4. Kurangi makanan pedas

Makanan yang pedas memang menggugah selera, namun nyatanya itu tidak baik di konsumsi oleh para penderita maag. Untuk sesekali mungkin kamu akan merasa baik-baik saja, namun segeralah berhenti makan jika itu menyebabkan perutmu terasa sakit.

5. Jeruk

Pada awalnya, tampaknya masuk akal bahwa makanan asam seperti jeruk dan tomat akan memperburuk kondisi lambung. Namun, semua orang memiliki reaksi unik terhadap makanan, jadi jika yang asam membuat lambung terasa lebih buruk, sebaiknya hindari.

6. Cokelat

Cokelat memiliki banyak manfaat kesehatan potensial. Tetapi sering menyebabkan ketidaknyamanan bagi beberapa orang yang menderita sakit maag. Jika makan cokelat membuat kondisi kamu merasa lebih buruk, sebaiknya jangan dikonsumsi dulu sampai maag sembuh. 

(Iffah Nurahmah)

#GrowFearless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading