Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Olahraga Naik Turun Tangga

Fimela.com, Jakarta Saat mendengar kata olahraga, seringkali yang terbayang adalah olahraga yang intens dengan berbagai alat rumit. Padahal ada banyak cara mudah untuk berolahraga dan mendapatkan manfaat sehatnya. Salah satunya adalah naik turun tangga.

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, naik turun tangga bisa menjadi olahraga yang efektif untuk meningkatkan energi tubuh, otot, dan keseimbangan tubuh. Olahraga naik turun tangga pun bisa membantu menjaga kebugaran tubuh melakukan aktivitas harian.

1. Membantu Pembentukan Otot Tubuh

Ada banyak otot yang terlatih saat naik turun tangga. Aktivitas naik turun tangga pun bisa menjadi cara efektif untuk mendapatkan otot-otot yang bebas lemak. Otot lutut dan kaki bisa terbentuk dengan lebih baik.

2. Meningkatkan Keseimbangan dan Stamina

Saat naik tangga, otot kaki, pergelangan kaki, dan tendon peroneal akan terlatih untuk menjaga keseimbangan. Melakukan olahraga naik turun tangga setiap hari pun bisa membuat stamina tubuh lebih baik. Pada awalnya, kita mungkin akan mengalami nyeri atua kram kaki tapi lama kelamaan akan membuat tubuh lebih bertenaga.

 

3. Menjaga Tekanan Darah

Naik turun tangga baik untuk jantung dan menjaga kadar tekanan darah. Aktivitas ini membantu membuka pembuluh arteri dan meningkatkan detak jantung. Kebugaran tubuh pun bisa meningkat.

4. Berdampak Positif pada Kesehatan Mental

Saat tubuh memacu darah, kita akan mendapat suntikan adrenalin. Kondisi ini akan membuat suasana hati lebih baik. Sehingga sangat membantu untuk mengurangi stres dan kecemasan. Baik untuk kesehatan mental.

Saat melakukan olahraga naik turun tangga, pastikan postur tubuh tetap tegak. Awali perlahan, lalu tingkatkan intensitas setelah mendapatkan ritmenya. Penting juga untuk memakai sepatu olahraga yang nyaman dan dapat menopang tubuh dengan baik.

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading