Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengganti Penggunaan Alkohol dalam Masakan

Fimela.com, Jakarta Terkadang ketika memasak, beberapa orang kesulitan mengikuti resepnya karena adanya bahan yang mengandung alkohol seperti penambahan wine masak, mirin, bir, angciu atau rum.

Beberapa orang khawatir menggunakan alkohol karena tidak halal dan menginginkan masakan tetap enak dengan tanpa alkohol. Namun tenang saja, ada bahan makanan lain yang bisa dipakai untuk menggantikan alkohol.

1. Cuka apel

Penggunaan rum, baik dalam kue maupun makanan bisa diganti dengan cuka apel atau sari apel. Rasa asam manis dan harumnya rum hampir mirip dengan cuka apel, gunakan dengan porsi yang sama dengan resep atau sedikit lebih banyak.

2. Air kaldu

Air kaldu bisa menggantikan bir dalam masakan seperti sup atau olahan daging karena fungsi bir yang menambah rasa dan menghilangkan bau. Bir bisa diganti dengan kaldu ayam atau sapi karena memiliki fungsi yang sama.

 

3. Sari anggur

Sari anggur bisa digunakan sebagai pengganti wine, baik putih maupun merah. Fungsinya sama dengan wine, memberi cita rasa manis, menghilangkan bau daging dan mengempukkan daging. Sari anggur dapat dibeli di toko bahan makanan.

4. Kecap asin dan lemon/cuka

Jika memasak makanan Asia terkadang kita akan menemukan penambahan mirin (alkohol Jepang) atau angciu (alkohol Cina). Angciu bisa diganti dengan campurran kecap asin, potongan jahe dan air jeruk nipis yang akan menimbulkan rasa asin asam hangat di lidah. Dan mengganti mirin dengan perasan lemon/jeruk nipis/cuka dengan gula.

Jadi, jangan ada lagi keluhan tak bisa masak hanya karena kendala alkohol, ganti dengan bahan-bahan di atas ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading