Sukses

Lifestyle

5 Efek Samping yang Sering Muncul Akibat Berhenti Minum Pil KB

Fimela.com, Jakarta Minum pil KB menjadi salah satu cara untuk mencegah kehamilan yang banyak dilakukan perempuan Indonesia. Saat pertama kali minum pil KB, besar kemungkinan Mom akan merasakan beberapa efek samping mulai dari mual, pusing, berat badan naik hingga nyeri pada payudara.

Melansir dari laman theasianparents.com, tak hanya saat pertama minum pil KB yang menimbulkan efek samping. Ketika Mom memutuskan untuk berhenti minum pil KB, ada beberapa efek samping yang akan dirimu rasakan.

BACA JUGA

Efek Samping Berhenti Minum Pil KB

Kemungkinan Hamil Makin Besar

Berhenti minum pil KB akan membuatmu mengalami kemungkinan hamil yang lebih besar. Tak butuh waktu lama bagi tubuh untuk kembali subur dan bekerja seperti semula setelah tidak lagi konsumsi pil KB. Dibandingkan alat kontrasepsi lain seperti IUD atau Implan, pil KB lebih cepat mengembalikan kesuburan.

Siklus Menstruasi Tidak Teratur Disertai Kram

Dalam banyak kasus, berhenti konsumsi pil KB akan meningkatkan risiko siklus menstruasi tidak teratur. Di momen menstruasi, risiko kram perut dan nyeri punggung bisa lebih berat setelah Mom berhenti minum pil KB.

Kembali Mengalami PMS

Beberapa penelitian menemukan jika konsumsi pil KB bisa meringankan PMS. Jika dirimu berhenti minum pil KB, ini akan membuat tubuh kembali normal seperti semula. Ini juga akan mengembalikan risiko PMS menjelang menstruasi.

Berat Badan Turun

Pil KB dipercaya mengandung nutrisi yang bisa meningkatkan nafsu makan. Ini alasan kenapa banyak orang yang mengonsumsi pil KB cenderung lebih gemuk atau mengalami peningkatan berat badan. Saat konsumsi pil KB dihentikan, ini bisa mengembalikan nafsu makan di posisi normal dan membuatmu bisa mengalami penurunan berat badan.

Timbul Jerawat

Pil KB sebenarnya bermanfaat menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Ketika hormon seimbang, ini akan mencegah timbulnya jerawat. Berhenti minum pil KB kemungkinan besar akan membuat hormon kembali tidak seimbang dan risiko munculnya jerawat lebih besar.

Itulah beberapa efek samping yang dirimu alami ketika memutuskan untuk berhenti minum pil KB. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading