Sukses

Parenting

Sudah Minum Pil KB, Kenapa Masih Bisa Hamil?

Fimela.com, Jakarta Kehamilan merupakan momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Kehamilan juga menjadi momen yang begitu ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang telah lama menikah. Tapi, bagi pasangan yang telah memiliki buah hati, beberapa memilih menunda kehamilan kedua, ketiga atau selanjutnya dengan menggunakan alat kontrasepsi salah satunya minum pil KB.

Dengan minum pil KB, apakah ini menjamin seseorang untuk tidak hamil? Melansir dari laman parents.com, walau Mom sudah minum pil KB, ini masih bisa membuat Mom hamil. Ada beberapa hal yang menyebabkan Mom kebobolan atau hamil meski telah minum pil KB.

Penyebab Kehamilan Meski Minum Pil KB

Mom tetap bisa hamil meski telah minum pil KB. Ada beberapa penyebab kenapa Mom tetap bisa hamil meski sudah minum pil KB. Penyebab tersebut antara lain adalah muntah setelah minum pil KB. Muntah bisa menyebabkan kandungan nutrisi pada pil KB terbuang sia-sia. Muntah setelah minum pil KB sama saja dengan tidak minum pil KB. Inilah yang meningkatkan risiko kehamilan.

Penyebab selanjutnya adalah minum pil KB di waktu yang tidak sama setiap harinya. Pil KB 99 persen efektif atau memberi manfaat ketika dikonsumsi secara teratur di jam yang sama setiap harinya. Ketika pil KB tidak dikonsumsi secara teratur, ini akan meningkatkan peluang kehamilan.

 

Pil KB yang lupa diminum juga akan meningkatkan kehamilan. Konsumsi pil KB bersamaan dengan konsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan tertentu juga bisa meningkatkan kehamilan. Para ahli juga mengungkapkan jika penyimpanan pil KB di tempat yang tidak tepat seperti terknena sinar matahari langsung, terlalu dingin atau terlalu panas juga bisa menurunkan kinerja pil KB.

Agar terhindar dari risiko kehamilan selama program KB (Keluarga Berencana), pastikan untuk mengonsumsi pil KB secara teratur. Konsultasikan juga dengan dokter atau bidan ahlinya mengenai KB apa yang paling cocok untukmu.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Setelah Melahirkan, Ini Waktu yang Tepat untuk Kembali Memulai KB
Artikel Selanjutnya
Alasan Medis Mengapa Memiliki Dua Anak Sudah Cukup