Sukses

Parenting

Setelah Melahirkan, Ini Waktu yang Tepat untuk Kembali Memulai KB

Fimela.com, Jakarta Kehamilan dan melahirkan merupakan momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Setelah hamil dan melahirkan, umumnya Mom akan menikmati masa-masa bahagia merawat dan mengasuh buah hati. Mom juga akan menunda kehamilan hingga buah hati dirasa siap untuk memiliki adik.

Untuk mencegah kehamilan lagi setelah melahirkan, hal yang bisa dilakukan adalah melakukan KB baik dengan minum pil KB, suntik, pasangan implan atau meminta suami memakai alat kontrasepsi setiap kali berhubungan intim.

Melansir dari laman health.com, setelah melahirkan sebenarnya tubuh ibu tidak akan langsung melepaskan sel telur kembali. Alhasil, kesuburan tubuh tidak langsung kembali dan memudahkanmu untuk hamil. Menyusui eksklusif selama 6 bulan usia pertama bayi juga bisa menjadi cara untuk menunda kehamilan secara alami.

Menunda Kehamilan dengan KB Setelah Melahirkan, Baiknya Dimulai Lagi Kapan?

Untuk menunda kehamilan dengan melakukan KB setelah melahirkan, baiknya dimulai lagi kapan? Periode menstruasi setelah melahirkan umumnya akan kembali sekitar enam minggu sampai tiga bulan setelah melahirkan. Waktu inilah Mom sudah bisa memulai KB lagi. Tapi dengan syarat harus sesuai anjuran atau konsultasi dengan dokter maupun bidan.

Waktu ideal setiap perempuan untuk memulai KB lagi setelah melahirkan akan berbeda-beda. Ini tergantung pada kesiapan Mom dan buah hati. Jika Mom memberikan ASI eksklusif ke buah hati, ini bisa menjadi KB alami.

Jika Mom ingin konsumsi pil KB, memakai cincin miss V atau koyo KB, ini bisa dimulai dari 21 hari setelah melahirkan. Namun jika Mom menyusui buah hati, sebaiknya konsumsi pil KB ditunda setidaknya hingga bayi berusia 6 bulan dan diberi MPASI.

Untuk Mom yang ingin melakukan KB dengan KB suntik, diafragma atau kap serviks, ini bisa dimulai dari 6 minggu setelah melahirkan. KB yang ini aman untuk ibu menyusui dan tidak memengaruhi produksi ASI. Sedangkan untuk KB spiral atau KB IUD, sebaiknya ini dilakukan sesaat setelah melahirkan. Pemakaian KB spiral setelah melahirkan bertujuan agar Mom tidak merasakan sakit berulang kali karena pemasangan alat kontrasepsi spiral.

Itulah waktu yang baik untuk memulai KB setelah melahirkan. Waktu ini tergantung pada jenis KB yang dipilih. Konsultasikan selalu program KB dengan dokter atau bidan ahlinya apalagi jika Mom ingin melakukannya setelah melahirkan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Medis Mengapa Memiliki Dua Anak Sudah Cukup
Artikel Selanjutnya
Memilih Kontrasepsi yang Tepat saat Masih Menyusui, Perhatikan Hal Ini