Sukses

Lifestyle

Ajak Generasi Milenial untuk Peduli Lingkungan dan Permasalahan Sampah Plastik dengan Cara Seru

Fimela.com, Jakarta Pencemaran sampah plastik menjadi pekerjaan rumah besar dan butuh kesadaran semua pihak. Kita semua harus untuk mulai berkontribusi menjaga alam dan lingkungan hidup dari pencemaran sampah plastik. Indonesia kini menjadi negara kedua penghasil sampah plastik tertinggi di dunia setelah China. Oleh karenanya, pengelolaan limbah yang baik menjadi solusi dalam penanganan sampah plastik. Salah satunya melalui daur ulang sampah plastik menjadi produk baru yang bernilai tinggi.

Kini, berbagai cara dilakukan untuk mengajak masyarakat Indonesia dalam pengurangan penggunaan plastik. Dengan segala dampak terhadap manusia dan makhluk hidup lainnya, perhatian orang-orang di dunia tertuju pada sampah plastik. Pemerintah Indonesia sendiri tengah berusaha untuk mengatasi masalah sampah plastik yang mencemari laut, dengan menggalakkan program Gerakan Indonesia Bersih. Hal ini bertujuan mengurangi sampah, serta mengutamakan peran serta masyarakat dalam menunjang perilaku bersih dan sehat.

Guna menggugah kepedulian dan mendidik masyarakat tentang bahaya sampah sedotan plastik bagi lingkungan, jaringan waralaba Convenience Store milik Wings Group: FamilyMart meluncurkan gerakan #Change4Future. Kampanye #Change4Future sendiri terdiri dari 4 kegiatan yakni Reduce, Reuse, Replace dan Recycle. Di bawah naungan PT Fajar Mitra Indah, FamilyMart yang kini memiliki lebih dari 150 gerai di Indonesia, khususnya Jabodetabek berkomitmen menggunakan produk-produk ramah lingkungan guna mendukung target pemerintah untuk mengurangi sampah plastik hingga 70% pada 2025.

Gerakan ini resmi diluncurkan dalam sesi konferensi pers yang dihadiri oleh tiga pembicara, Wirry Tjandra sebagai CEO FamilyMart Indonesia, Gunung Tjahjapurnama Head of Retail Operation FamilyMart Indonesia, dan Marischka Prudence seorang travel blogger pada hari Selasa (17/12/2019). Marischka terpilih menjadi brand ambassador untuk kampanye #Change4Future dari FamilyMart guna memerangi sampah plastik.

"Indonesia itu indahnya keterlaluan, tapi sayang kini sampah plastik seakan telah menjadi penghias selain ikan dan biota laut. Ini merusak lautan kita. Kami di sini ingin menikmati keindahan lautan, bukan untuk mengambil sampah kalian," ujar Marischka yang juga merupakan seorang diver bersertifikat Scuba Schools International itu. Ia pernah membagikan pengalamannya saat menyelam di laut Pulau Seribu dan Parigi Moutong sambil melihat banyaknya sampah plastik di dalamnya.

 

#Change4Future

Mantan jurnalis stasiun TV swasta yang akrab disapa Prue ini mengungkapkan betapa menyedihkannya negara kita atas apa yang ia lihat dan temukan saat menyelam. Maka dari itu ia sangat mendukung kampanye gerakan #Change4Future yang diyakini akan mengedukasi masyarakat untuk tidak lagi menggunakan plastik. Prue berharap melalui gerakan yang juga merupakan upaya dalam melestarikan lingkungan ini dapat menggugah kepedulian masyarakat terhadap dampak buruk sampah plastik.

"Prue dipilih sebagai brand ambassador kampanye ini karena ia merupakan seorang generasi millenial yang dapat menjadi anutan untuk generasi sekarang dan menyadarkan mereka agar lebih aware dengan lingkungannya. Itu yang ingin kita sampaikan kepada customer. Terlebih lagi ia juga merupakan aktivis pencinta lingkungan. Kita harapkan dengan adanya Prue dapat mengajak masyarakat untuk peduli dengan sekitar. Yuk kita sama-sama aware dengan lingkungan kita," jelas Wirry Tjandra selaku CEO FamilyMart Indonesia.

Sedotan yang 100% terbuat dari bahan kertas, sedotan stainless, reusable cup, reusable bag, dan spork (spoon-fork) yang terbuat dari ampas kopi menjadi inisiatif pertama FamilyMart dalam kampanye #Change4Future ini. Wirry mengatakan dengan inisiatif itu menjadikan FamilyMart sebagai Convenience Store pertama di Indonesia yang menggunakan bahan baku alami sebagai pengganti plastik.

"Harapan kami dengan diadakannya kampanye ini adalah customer bisa lebih peduli dan aware terhadap lingkungannya. Kita sebagai pelopor juga berharap semua toko kopi dapat mengikuti gerakan ini. Dengan ini, kami juga berharap menjadi agent of change untuk ke depannya." jelas Gunung Tjahjaputra, Head of Retail Operation FamilyMart Indonesia

Agar kampanye #Change4Future dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, FamilyMart memberikan potongan harga sebesar seribu rupiah untuk setiap pembelian minuman dengan reusable cup FamilyMart Series. Tidak hanya itu, pemotongan harga 25% untuk pembelian reusable cup juga akan diberikan bagi para pelanggan yang mengembalikan gelas plastik dari gerai kopi apa saja di FamilyMart terdekat.

 

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading