Sukses

Lifestyle

3 Tips Membuat Sambal Tomat yang Tidak Langu

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, makan kurang lengkap rasanya bila tidak ada sambal. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis sambal yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah sambal tomat.

Hanya saja ketika membuat sambal tomat mentah, ada bau langu yang cukup mengganggu selera makan. Nah, supaya sambal tomat yang kita buat tidak bau langu, ada tips mudah yang bisa dicoba. Langaung saja simak di sini tipsnya.

1. Tomat dan Cabai Digoreng Sebentar

Kita bisa menggunakan cabai merah keriting, cabai rawit, dan buah tomat sebagai bahan utama sambal tomat. Tomat dan cabai dipotong jadi beberapa bagian, lalu goreng sebentar. Setelah ditiriskan, segera ulek dengan menambahkan garam, gula pasir, dan gula jawa. Kita bisa menyesuaikan hasil akhir teksturnya sesuai selera. Supaya lebih segar, tambahkan air perasan jeruk limau.

 

 

2. Ditumis Sebentar dengan Irisan Bawang Putih

Tomat, cabai rawit, dan terasi bakar diulek sampai halus. Setelah itu, tumis irisan bawang putih dengan sedikit minyak. Setelah bawang putih layu, masukkan bahan sambal yang sudah dihaluskan. Aduk dan tumis sebentar. Setelah itu, matikan kompor dan kucuri sambal dengan air perasan jeruk limau.

3. Tomat Diiris Kecil-Kecil tanpa Diulek

Bagi yang malas ngulek atau ingin coba cara lain untuk membuat sambal tomat yang enak, tips yang satu ini bisa dicoba. Tomat, cabai rawit, dan bawang merah bisa diiris dadu kecil-kecil. Setelah itu, panaskan sedikit minyak. Masukkan bawang merah dan tumis sampai harum. Lalu masukkan tomat dan cabai rawit. Aduk-aduk sebentar sampai tomatnya matang. Tambahkan garam sesuai selera. Sambal tomat bisa langsung dinikmati.

Kita bisa mencoba salah satu tips di atas untuk membuat sambal tomat sesuai selera. Semoga infonya bermanfaat ya.

#GrowFearless with FIMELA

PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
8 Jenis Minyak yang Baik Digunakan untuk Memasak
Artikel Selanjutnya
6 Cara Membuat Pasta yang Enak dan Mudah ala Restoran