Sukses

Lifestyle

Ancaman Penyakit yang Dapat Diderita Reynhard Sinaga

ringkasan

  • Bahaya sodomi yang merupakan prilaku seks menyimpangan
  • Berbagai penyakit infeksi karena hubungan seksual (sexually transmitted disease/STD) mudah ditularkan

Fimela.com, Jakarta Reynhard Sinaga, pria asal Indonesia dihukuman seumur hidup oleh Pengadilan di Manchester. Ia terjerat 159 kasus pemerkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban pria di Manchester, Inggris.

Di antara 159 kasus tersebut terdapat 136 perkosaan, di mana sejumlah korban diperkosa berkali-kali. Reyhard Sinaga melakukan kejahatan seksual terhadap korbannya. Prof dr Ari Fahrial Syam pun menjelaskan bahaya sodomi yang merupakan prilaku seks menyimpangan dengan melakukan penetrasi kelamin pria ke dalam lubang anus.

Menurutnya, bukan hanya menyebabkan guncangan psikis pada korban melainkan berisiko terjadi berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk menerima masuknya benda asing dari luar.

"Anus berperan sebagai tempat lewatnya feses atau kotoran, sehingga jelas bahwa anus bisa menjadi sumber infeksi," ujar Prof Ari kepada Fimela.com

Selain itu karena anus atau dubur tidak siap untuk menerima masuknya benda dari luar maka jika masuknya benda tersebut dilakukan secara dipaksa dan tanpa diberikan lubricant (pelumas) maka akan menyebabkan dinding anus dan bagian poros usus (rektum) rentan untuk luka.

Kondisi luka tersebut akan memudahkan tertularnya berbagai infeksi dari partner yang melakukan seks anal. Risiko terjadi luka akan bertambah banyak jika proses anal seks dilakukan secara dipaksa. "Berbagai penyakit infeksi karena hubungan seksual (sexually transmitted disease/STD) mudah ditularkan melalui hubungan anal seks ini," tambahnya.

Berbagai penyakit tersebut di antaranya

Berbagai penyakit STD tersebut antara lain: HIV, herpez simplex, hepatitis B, hepatitis C dan human papiloma virus (HPV). Selain itu infeksi bakteri yang bisa terjadi antara lain gonorea, khlamidia, syphilis dan shigelosis.

Pasien dengan infeksi bakteri ini bisa saja mengalami diare yang berdarah dan berlendir, mengalami luka2 terinfeksi bahkan timbul bisul dan radang diseputar bubur dan poros usus (rektum).

Timbul nyeri dan nyeri bertambah saat buang air besar. Akibat yang paling berbahaya dari anal seks ini adalah terjadi kanker anus.

Resiko terjadi kanker sama pada semua jenis kelamin, baik laki-laki maupun perempuan. Risiko terjadinya kanker anus lebih tinggi pada orang dibawah umur 30 tahun.

"Sejauh ini saya beberapa kali mendapat kasus kanker anus berumur dibawah 30 tahun dan berhubungan dengan riwayat anal seks. Umumnya mereka melakukan anal seks dari partnernya," paparnya.

Anal seks baik dilakukan secara terpaksa atau maupun suka sama suka merupakan tindakan seksual berisiko tinggi untuk terjadinya berbagai infeksi baik virus maupun bakteri dan perlukaan pada anus dan organ sekitarnya termasuk kanker anus.

 

 

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading