Sukses

Lifestyle

Selain Berkhasiat, Madu Memiliki Efek Samping untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Selama ini banyak orang beranggapan bahwa madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Karena madu dianggap memiliki banyak manfaat, tak heran jika harga madu asli terbilang cukup mahal. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi madu setiap hari, namun dari banyaknya manfaat yang terkandung dalam madu, ternyata madu memiliki efek samping bagi kesehatan.

Karena begitu banyak manfaat madu, sebagian besar orang bahkan belum mengetahui efek samping madu untuk kesehatan. Lalu apa efek samping dari mengonsumsi madu? Berikut ini beberapa efek samping yang timbul akibat konsumsi madu.

Keracunan

Madu dihasilkan dari lebah, untuk menghasilkan madu lebah menghisap nektar dari bunga yang ada di sekitarnya. Beberapa bunga terkadang memiliki senyawa beracun yang tidak dapat di konsumsi oleh manusia. Jika lebah menghisap nektar dari bunga tersebut, kemungkinan besar madu yang dihasilkan pun mengandung senyawa beracun. Madu yang mengandung racun dari bunga tersebut jika dikonsumsi dapat mengakibatkan rusaknya sel syaraf pada otak.

Keracunan Bakteri (Botulisme)

Botulisme merupakan bakteri beracun yang menyebabkan timbulnya penyakit botulisme. Madu seharusnya diolah dengan sempurna, sehingga dapat meminimalisir munculnya bakteri botulisme. Gejala seseorang mengalami keracunan bakteri botulisme yaitu mual, muntah, diare, dan disertai demam.

Obesitas

Meskipun mengandung antioksidan yang tinggi, ternyata madu juga mengandung kalori dalam jumlah banyak. Sangat disarankan untuk mengonsumsi madu secukupnya, bila mengonsumsi dalam jumlah besar maka tubuh mengalami surplus kalori yang besar pula.

Meningkatkan Gula Darah

Madu yang memiliki rasa yang manis, tentunya mengandung gula yang cukup tinggi. Untuk penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi madu. Hal ini dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah secara derastis.

Pengeroposan Gigi

Meskipun madu mengandung pemanis yang baik, ternyata mengonsumsi madu juga dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami pengeroposan pada gigi. Kadungan pemanis pada madu yang menempel pada gigi dapat menyebabkan pengeroposan lapisan gigi.

Meskipun madu memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, tetap perhatikan efek samping yang terjadi. Alih-alihinginmenjaga kesehatan dengan mengonsumsi madu, namun tetap perhatikan efek sampingnya.

#GrowFearless With FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading