Sukses

Lifestyle

10 Tips Feng Shui di Ruang Tamu agar Bawa Hoki di Rumah

Fimela.com, Jakarta Feng Shui merupakan pengetahuan dan seni China kuno yang jika diaplikasian dipercaya membawa keberuntungan atau hoki. Termasuk penerapan fengshui pada penataan rumah untuk mendapatkan suasana dan lebih besar lagi nasib baik.

Siapa yang tidak ingin produktivitas meningkat, kualitas tidur super-nyenyak yang memberikan kesejahteraan pada tubuh dan pikiran lewat pendekorasian rumah dengan tepat? Semuanya bisa dimulai dari mendekorasi ruang utama yang paling dahulu untuk menyambut tuan rumah dan orang lain yang berkunjung, ruang tamu.

Melansir dari mydomain.com yang bertanya pada pakar fengshui sekaligus pemilik Feng Shui Manhattan Laura Cerrano tentang tips menata ruang tamu yang bawa hoki di kediaman, baik rumah atau apartemen.

"Presentasi ruang tamu atau ruang keluarga mengeset berbagai perasaan, emosi, pola pikir, dan energi tertentu sebelum kita menjelajah ke seluruh ruangan di rumah," ujar Laura Cerrano.

 

1. Pertimbangkan Fungsi

Sebelum mulai membeli atau memindahkan furniture, pertimbangkan fungsi ruang tamu di rumahmu. Aktivitas apa yang akan dilakukan di sana, bersantai, entertaining, bekerja, bersantap, atau semuanya?

"Memahami fungsi ruangan menjadi panduan jenis furnitur apa dan berapa banyak yang dibutuhkan. Untuk mengoptimalkan feng shui, penting memastikan kita bisa mengakses semua furnitur tanpa terhalang apa pun dan bisa bergerak leluasa," ujar Cerrano.

 

2. Identifikasi Posisi Tempat Duduk Terpenting

Setelah mengetahui fungsi ruangan, kini saatnya menentukan posisi tempat duduk atau sofa. Feng shui terbaik adalah menetapkan 'posisi komando' atau tempat duduk tuan rumah.

"Singkatnya, penghuni yang duduk di sofa ruang tamu memiliki sudut pandang yang jelas dalam melihat siapa yang masuk setiap saat," tambahnya.

 

3. Bijak Meletakkan TV

Setelah memilih posisi strategis dari sofa, saatnya menentukan penempatan TV (jika ingin menaruh di ruang tamu). Disarankan untuk menggantung televisi agar tetap rapi.

 

4. Rangkul Warna

Memilih warna dalam feng shui bisa ditentukan lewat arah kompas, lima elemen, atau metode peta Bagua. "Misalnya ruang tamu kamu menghadap selatan, biasanya warna yang disarankan dalam pilihan tone hangat seperti merah, kuning, atau bahkan pink dan ungu," ujar Cerrano.

Meski disarankan untuk merangkul warna, ia mengingatkan agar tidak menggunakan terlalu banyak warna. Jika bingung, kamu bisa memakai warna cat netral seperti creme atau beige yang tetap memberi aksen hangat.

 

 

Pilih Asesori dengan Bijak

Pastikan aksesori yang dipajang menyampaikan kebahagiaan saat melihatnya. Atau sesuatu yang sangat bermakna.

"Saat melihat barang tersebut pastikan kamu merasakan senyuman di hati, atau sebuah pencapaian, keingintahuan, dan petualangan. Pada keadaan sadar dan tidak sadar, lingkungan selalu mempengaruhi kita," jelasnya.

 

Gantung Cermin dalam posisi strategis

Jika ruang tamu tidak besar, disarankan untuk menggantung cermin dengan posisi strategis. Sebab fungsi cermin memiliki kemampuan untuk membuat ruangan terlihat lebih luas dan terasa besar.

"Namun berhati-hatilah dengan pantulan cermin karena bisa menggandakan energi dari apa pun yang dilihatnya. Pilihlah cermin yang memperlihatkan seluruh kepala sampai dada untuk memastikan menangkap aura," ujar Cerrano.

 

Menghidupkan Ruangan

Tanaman atau tumbuhan memainkan peran penting dalam kurasi feng shui yang baik di ruang tamu karena mereka menambah energi kehidupan. Fungsi lainnya adalah membantu membersihkan udara dan memberikan percikan tekstur unik pada ruangan dengan vibe rindang.

"English ivy, peace lily, rubber tree, bamboo, succulents, dan snake plant jadi opsi tepat untuk ruang tamu."

 

Hindari Kesemrawutan

Salah satu prinsip feng shui paling mudah diingat adalah tidak membiarkan kekacauan menumpuk di ruang tamu atau ruang mana pun. Cerrano menyadari perdebatan tentang ruangan berantakan yang mencerminkan orang kreatif.

"Namun sains membuktikan hal itu memberi efek negatif baik fisik dan mental dari kekacauan pada pikiran dan tubuh manusia. Jadi jika barang tersebut tidak dibutuhkan, maka buang atau berikan ke orang lain yang membutuhkan."

 

Jadilah Terang

Stimulasi energi yang cerah dengan memakai cahaya alami dan pencahayaan berlapis sangat disarankan. Pilihlah bohlam hemat energi dengan efek cahaya alami bonus tahan lebih lama.

Cahaya erat dikaitkan dengan elemen api yang menjadi satu dari lima elemen yang harus mewakili ruangan untuk harmonisasi dan keseimbangan. Untuk meningkatkan feng shui di ruang tamu, cobalah menerangi surut dari bayangan gelap.

 

Pilih Keseimbangan

Jika feng shui adalah tentang harmoni, pertimbangkan untuk menyeimbangkan material dekorasi sehingga satu bahan tidak mendominasi atau mengalahkan yang lainnya di ruangan tersebut. Contohnya jika ruang tamu kamu memiliki banyak material logam, coba seimbangkan dengan bantal yang lembut serta satu atau dua tanaman.

Simak Video Menarik Berikut

#GrowFearless with FIMELA 

PLAYLIST VIDEO 5 AGUSTUS 2021
Loading