Sukses

Lifestyle

Alami Masalah Sulit Tidur? Cobalah Istirahat dengan Metode Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Seorang spesialis tidur W. Christopher Winter, M.D., memperkenalkan gagasan tentang aktivitas istirahat yang kuat yang disebut dengan "Quite Wakefulness" dimana gagasan ini mendapatkan perhatian dari banyak kalangan. Wakefulness ini adalah istilah untuk beristirahat dengan mata tertutup. Dilansir dari medium.com hal itu sepenuhnya menghilangkan stres di sekitar tidur, terutama jika kamu tidak bisa tertidur di waktu tidur sehingga kesehatanmu terganggu serta membawa dirimu tetap terjaga di waktu tidur.

"Stres dan tidur siang ibaratkan pasangan yang umum namun ternyata tidak menguntungkan." kata Dr. Winter. Tetapi sementara, kamu mungkin tidak dapat sepenuhnya mengendalikan dengan tepat waktu tidurmu, kamu dapat mengontrol kapan kamu beristirahat dan itu adalah salah satu manfaat terbesar dari agar membuat dirimu jauh lebih tenang dan rileks. "Kebanyakan orang tidak memiliki kendali penuh atas tidur mereka" Jelas Dr. Winter. National Sleep Foundation mencatat bahwa terjaga dengan tenang dapat membuat sel-sel otak, otot, dan organ istirahat, mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, kreativitas, dan masih banyak lagi.

"Pada akhirnya, beristirahat dengan tenang dengan mata tertutup dapat membuat kamu merasa segar kembali." kata Dr. Winter. University of California, San Diego juga melakukan studi kecil, menemukan bahwa orang yang tidur siang dan mereka yang hanya beristirahat melakukan hal yang sama pada sebuah tes visual di mana mereka harus menemukan gambar "T" di layar. Hal ini menunjukkan bahwa untuk beberapa tugas kognitif, manfaat istirahat sama dengan manfaat tidur yang sebenarnya.

Tetapi di tengah-tengah jadwal yang padat serta kehidupan yang penuh tekanan, membiasakan diri untuk tenang dapat menanamkan saat-saat tenang yang sangat dibutuhkan di saat sibuk serta memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Jika kamu ingin mencobanya, lakukan seperti dua hal berikut ini. 

Sulit tidur? atasi dengan cara ini

1. Belajar bermeditasi

Kamu bisa santai dan tenang ke tingkat lain melalui meditasi. Beberapa studi awal yang memantau aktivitas otak selama meditasi secara mendalam menyarankan bahwa orang-orang dapat mencapai kondisi hampir seperti tidur, padahal mereka tetap terjaga tetapi bermeditasi. Namun kedua hal ini tidaklah sama. Selama meditasi, otak kemungkinan tidak menciptakan gelombang delta tetapi gelombang alfa (sejenis gelombang otak yang dikaitkan dengan relaksasi, peningkatan kreativitas, penurunan gejala depresi, dan lain sebagainya)

Meditasi juga mengarah pada peningkatan gelombang beta (terkait dengan fokus) dan gelombang gamma (terkait dengan pemrosesan informasi dari berbagai area otak). Asah keterampilan meditasi dengan aplikasi di gadget atau dengan mengikuti kelas secara langsung.

2. Ubah cara berbicara dan berpikir tentang tidur

Alih-alih meletakkan atau meminta anak untuk tidur siang, kamu bisa mengajak mereka beristirahat dengan kalimat “waktu tenang.” Alih-alih tidur siang sendiri, kamu bisa melakukannya dengan menutup mata, mematikan lampu, mengatur alarm selama 20 menit, dan istirahat saja.

Hanya menikmati bangun di tempat tidur memiliki manfaat restoratif. "Jika kamu benar-benar berpikir bahwa kamu akan naik ke tempat tidur dan tertidur ataupun bangun dan kamu merasa baik-baik saja maka, bagaimanapun, itu adalah kemenangan," kata Dr. Winter. "Jenis ini mengubah tindakan tidur pada umumnya." Apalagi, cara ini juga menghilangkan stres pada saat tidur serta mampu mengatasi masalah tidur seperti insomnia.

(Iffah Nurahmah)

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading