Sukses

Lifestyle

Ulasan Buku Yang Aku Tahu dengan Pasti - Oprah Winfrey

Fimela.com, Jakarta Judul: Yang Aku Tahu dengan Pasti

Penulis: Oprah Winfrey

Alih bahasa: Susi Purwoko

Desain sampul: Mila Hidajat

Setting: Fajarianto

Cetakan ketiga: Juli 2019

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Setiap bulan selama empat belas tahun terakhir, Oprah Winfrey telah menulis kolom yang wajib dibaca, “What I Know for Sure”, di O, The Oprah Magazine. Kini, untuk pertama kalinya, kolom itu direvisi, diperbarui, dan dikumpulkan dalam Yang Aku Tahu dengan Pasti—buku yang penuh dengan wawasan dan pengungkapan dari Oprah Winfrey. Disusun berdasarkan tema—kegembiraan, daya tahan, keterhubungan, ungkapan syukur, rasa takjub, kejelasan, dan daya—tulisan-tulisan ini menawarkan pandangan yang kuat dan langka dari benak salah satu wanita paling luar biasa di dunia. Jujur, menggugah, membangkitkan semangat, dan dinamis, kata-kata Oprah dalam What I Know for Sure berkilau dengan kebijaksanaan serta kebenaran yang ingin dibaca ulang berkali-kali oleh para pembaca.

Oprah Winfrey telah menciptakan hubungan yang dalam dengan orang di seluruh dunia. Sebagai pembawa acara dan produser The Oprah Winfrey Show yang mencetak sejarah, editorial director O, The Oprah Magazine, dan kekuatan pemandu di balik OWN, Oprah Winfrey Network, dia menghibur, mencerahkan, dan membangkitkan semangat jutaan pemirsa selama 25 tahun. Pencapaiannya sebagai pemimpin media secara global dan pemerhati masalah kemanusiaan menjadikannya salah satu tokoh yang paling dihormati serta dikagumi dewasa ini.

***

Apa yang kita tahu dengan pasti di dunia ini? Semakin bertambah usia, semakin banyak hal yang akan kita hadapi dan pikirkan. Ada hal-hal yang berada di luar kendali kita, tapi ada juga situasi yang masih bisa kita terima dan kendalikan dengan baik. Perjalanan hidup memang tak selalu mudah. Namun, kita bisa selalu mencari dan menciptakan makna dalam fase hidup yang kita jalani ini.

Nama Oprah Winfrey jelas sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sosok perempuan yang telah memandu sebuah acara bincang-bincang terkenal selama 25 tahun ini memang sangat inspiratif. Setiap bulan selama empat belas tahun terakhir, ia telah menulis kolom yang wajib dibaca, “What I Know for Sure”, di O, The Oprah Magazine. Tulisan-tulisannya tersebut kemudian sebagian dibukukan dengan judul yang sama, What I Know for Sure (Yang Aku Tahu dengan Pasti).

Dalam buku ini, kita akan menemukan tulisan-tulisan tentang kegembiraan, kelenturan, keterhubungan, syukur, dan kemungkinan. Kumpulan tulisan tersebut dibuat Oprah melalui pengalaman yang ia dapatkan langsung serta perjumpaannya dengan sejumlah sosok luar biasa yang telah memberinya inspirasi. Ia juga menuliskan perasaannya dan berdamai dengan keadaan dari masa lalu yang telah menjadi bagian dari dirinya.

 

Seperti aku, mungkin Anda telah mengalami hal-hal yang membuat Anda mengutuk diri sebagai orang yang tak berharga. Aku tahu dengan pasti bahwa menyembuhkan luka-luka masa lalu adalah salah satu tantangan yang paling besar dan paling layak untuk dilakukan di dalam hidup. (hlm. 25)

Membaca buku ini memberi pengalaman yang menenangkan diri. Kita seakan diajak untuk istirahat dan mengambil jeda sejenak untuk menyelami isi pikiran kita. Berusaha pelan-pelan berdamai dengan kehidupan yang ada.

Di usianya yang belia, Oprah pernah mendapatkan pengalaman yang pahit. Pengalaman tersebut selamanya memang masih akan membekas. Namun, bukan berarti hidup yang ia jalani ke depannya akan pahit selamanya. Selalu ada masa-masa untuk kembali tenang dan lebih banyak bersyukur dengan keadaan.

Yang aku tahu dengan pasti: Hidup di planet yang ini adalah karunia yang sangat menakjubkan. Dan aku menginginkan waktuku di sini sebagai waktu yang seterang mungkin. (hlm. 114).

Perjalanan karier Oprah juga tak berjalan mulus dan sesuai keinginannya pada awalnya. Meski begitu, ia mencoba untuk melakukan semua yang terbaik yang ia bisa sampai bisa berada di titik puncak yang diimpikan. Ada penggalan kisah yang cukup mengharukan tentang keputusannya untuk memilih waktu 25 tahun sebagai waktu untuk mengakhiri acara yang dipandunya. Tadinya setelah 20 tahun acara itu berjalan ia sudah ingin berhenti, tetapi karena mendapat sepucuk surat ia kemudian memutuskan untuk memperpanjangnya sampai lima tahun ke depan.

Seluruh hidupku adalah mukjizat. Begitu pula hidup Anda. Itu aku tahu dengan pasti. (hlm. 116)

Sebagai perempuan, kita akan merasa sangat memahami yang dituliskan Oprah tentang usia. Berbagai kekhawatiran kerap muncul seiring bertambahnya usia. Sayangnya, seringkali kita lupa bahwa bertambahnya usia kita setiap tahunnya adalah berkah tersendiri. Kita kembali diingatkan bahwa kenyataan kita masih diberi umur panjang hingga detik ini adalah anugerah yang luar biasa.

Membaca buku ini dari awal hingga akhir secara runtut atau membacanya secara acak sesuai, kita bisa memilihnya sesuai keinginan kita. Yang Aku Tahu dengan Pasti merupakan buku yang seperti memberi uluran tangan kepada kita layaknya sahabat. Buku yang membuat kita bisa kembali menemukan kepingan-kepingan makna kehidupan dan menjalani hidup dengan lebih bermakna.

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips dan Cara Membuat Puding Sutra Lembut