Sukses

Lifestyle

Cara Meredakan Mata Merah dan Bengkak Setelah Menangis

Fimela.com, Jakarta Dengan melihat mata seseorang, kita bisa menebak apa yang lagi dirasakan. Banyak orang tidak dapat memendam rasa sedihnya dan meluapkannya dengan menangis. Sehingga membuat wajah menjadi bengkak, hidung merah dan mata bengkak. "Efek ini dapat berlangsung hanya beberapa menit atau meregang selama beberapa jam," kata Marina Peredo, MD, seorang profesor klinis dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City.

Dilansir dari realsimple.com, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat proses menghilangkan mata yang bengkak setelah menangis sebelum orang-orang disekitar kamu bertanya apakah kamu baik-baik saja.

1. Kompres Air Dingin

Jika kamu terburu-buru, hal yang dapat kamu lakukan adalah mengompres mata dengan air dingin. Hal pertama yang kamu lakukan adalah memasukkan jari-jari kamu didalam air es atau letakkan tangan kamu di atas beberapa es batu, lalu, mulai dari sudut dalam mata kamu tekan dan pijat secara lembut sampai bagian luar sudut matamu. Ulangi beberapa kali untuk membantu mengalirkan cairan yang menumpuk di bawah mata kamu. Untuk menghilangkan mata merah, gunakan tetes mata yang dijual bebas. Kamu dapat meneteskan satu hingga dua tetes.

2. Gunakan Concealer

Untuk menutupi hidung merah kamu secara cepat, kamu dapat menggunakan concealer berwarna kuning. “Warna kuning membantu menghilangkan warna merah," kata penata rias selebriti Tina Turnbow. Hindari juga menggunakan foundation atau bedak Jika kulit kamu teriritasi karena hidung yang membesar. Sebagai gantinya, oleskan sedikit concealer dan jangan lupa gunakan face mist agar terlihat lebih segar.

3. Teh Hijau

Selain itu, kamu dapat merendam kantong teh hijau dalam air dingin selama tiga hingga lima menit. Peras airnya yang berlebih, lalu letakkan di atas mata kamu dalam keadaan tertutup selama 10 menit. Efek antioksidan dari teh dapat menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga dapat mengempiskan bengkak yang tersisa.

4. Mentimun dan Kentang

Jika beberapa cara diatas tidak menghilangkan merah pada mata kamu, Bersantailah dengan mentimun dingin atau irisan kentang di atas mata kamu. Seperti halnya kantong teh, hawa dingin akan mengencangkan pembuluh darah dan dapat mencerahkan mata kamu. "mentimun mengandung antioksidan kuat yang mengurangi iritasi, sementara kentang mengandung enzim pencerah kulit yang disebut katekolase," kata dokter mata Justin Bazan, seorang penasihat medis untuk Dewan Visi dan pemilik Park Slope Eye di Brooklyn, NY.

Kemerahan atau bengkak akan mereda saat kamu tidur. Sebaiknya, Jaga kepala kamu agar tetap di atas bantal yang kokoh. Karena tinggi pada bantal akan mencegah cairan berlebih menggenang di wajah kamu. Dengan seperti itu, mata bengkak dan merah setelah menangis akan hilang pada pagi hari.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading