Sukses

Lifestyle

Memahami Kakeibo, Seni Menabung a la Jepang

ringkasan

  • Menabung bukan perkara mudah. Padahal, pengaturan keuangan bukan hanya penting untuk saat ini agar tanggal tua tidak membuatmu sengsara. Tetapi juga penting untuk masa depan, bahkan masa tua nanti.
  • cobalah menerapkan Kakeibo, sebuah metode pengaturan keuangan a la Jepang.

Fimela.com, Jakarta Menabung bukan perkara mudah. Bagi sebagian orang, menabung justru menjadi hal yang paling susah dilakukan. Alasannya beragam, mulai dari pendapatan yang terlalu sedikit, boros, hingga tidak tahu cara mengatur keuangan. 

Padahal, pengaturan keuangan bukan hanya penting untuk saat ini agar tanggal tua tidak membuatmu sengsara. Tetapi juga penting untuk masa depan, bahkan masa tua nanti. 

Jika sudah banyak cara kamu coba untuk mengatur keuangan, cobalah menerapkan Kakeibo, sebuah metode pengaturan keuangan a la Jepang. Kakeibo, tulis Refinery29, merupakan sebuah budgeting journal yang menjadi gaya hidup orang-orang Jepang. 

Kakeibo pertama kali ditemukan pada tahun 1904 oleh Hani Motoko, jurnalis perempuan pertama di Jepang. Metode ini sengaja didesain untuk membantu para perempuan yang sibuk namun tetap bisa mengatur keuangan dengan baik. Kini, sebuah buku berbahasa Inggris mengenai kakeibo sudah diterbitkan. Buku tersebut ditulis oleh Fumiko Chiba. 

Konsep Kakeibo

Tidak sesederhana mencatat pengeluaran dan pemasukan, konsep kakeibo mencakup perencanaan pada awal bulan. Jadi, pada awal bulan, kamu duduk dan merencanakan apa saja pengeluaran selama sebulan ke depan. Selain itu, kamu juga menentukan berapa banyak uang yang kamu tabungkan, dan bagaimanan kamu bisa menabung dengan jumlah sebanyak itu. 

Di akhir bulan, kamu harus membuat ulasan mengenai kakeibo yang sudah kamu buat. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu beri perhatian khusus. 

  • Pengeluaran : kamu harus mengeluarkan uang lebih bijaksana, demi menabung dengan jumlah yang lebih baik. 
  • Catat : Catatan mengenai uang masuk dan keluar tetap saja penting untuk dilakukan. 
  • Jujur : Jujurlah pada diri sendiri mengenai barang-barang yang "ingin" atau "dibutuhkan." 
  • Cash : usahakan untuk menggunakan uang cash untuk berbelanja sehingga kamu bisa mengontrol pengeluaran dengan lebih baik dan mudah. 
  • Review: jangan lupa untuk review di akhir bulan dan perbaiki kekuranganmu di bulan selanjutnya. 

Selamat mencoba, ya! Semoga dengan kakeibo kamu bisa menabung lebih banyak dan mengatur pengeluaran dengan lebih baik. 

#Changemaker

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading