Sukses

Lifestyle

8 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kamu Tinggal Bersama Orang yang Mungkin Terinfeksi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi virus Corona saat ini, kekhawatiran meningkat antara apakah kamu sudah terinfeksi atau justru orang-orang terdekatmu. Selain menjaga kesehatan diri sendiri, kamu juga harus memastikan bahwa orang-orang di sekitarmu dalam keadaan yang sehat.

Sayangnya, orang-orang yang memperlihatkan gejala ringan biasanya disarankan untuk dirawat di rumah dan tidak memenuhi syarat untuk melakukan tes virus Corona. Gejala ringan dari COVID-19 yang harus kamu ketahui adalah demam, batuk kering, sakit tenggorokan, menggigil, kelelahan, flu, dan diare.

Tidak perlu khawatir berlebihan. Dilansir dari huffpost.com, Sabtu (21/3/2020), berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat tinggal bersama orang yang mungkin terinfeksi virus Corona.

1. Menjauh

Jangan panik, sebagian besar kasus dengan gejala ringan memang masih bisa dirawat di rumah. Ketika kamu mendapati ada orang rumah yang memiliki gejala ringan dari COVID-19, isolasi orang tersebut sampai ia sembuh untuk membatasi penyebaran infeksi pada orang lain.

2. Tidur di kamar yang terpisah

Usahakan untuk tidur di kamar yang terpisah dengan seseorang yang memiliki gejala infeksi virus Corona. Dan jika memungkinkan, gunakan kamar mandi yang berbeda.

 

3. Jika harus kontak, jaga kebersihan dengan baik

Jika kamu memang harus melakukan kontak dengan orang yang kemungkinan terinfeksi virus Corona, usahakan melakukan langkah-langkah pencegahan yang disarankan, seperti memakai masker dan menjaga jarak hingga 6 kaki. Cucilah barang-barang yang mereka gunakan dengan air panas dan larutan pemutih, jangan lupa mencuci tanganmu setidaknya selama 20 detik menggunakan sabun, serta hindari menyentuh wajah.

4. Berikan pengobatan untuk gejala

Pastikan orang yang terinfeksi meminum banyak cairan, air putih atau minuman yang mengandung elektrolit. Jika ia mengalami demam, pastikan ia tidak mengalami dehidrasi dan obat-obatan yang dijual bebas dapat membantu mengurangi gejala ringan dari virus Corona. JIka orang tersebut membaik dalam waktu seminggu, pastikan ia masih terisolasi selama setidaknya 14 hari.

5. Menjaga kebersihan rumah

Usahakan setiap permukaan benda yang sering disentuh untuk dibersihkan menggunakan disinfektan.

6. Jangan biarkan orang yang sakit merasa terisolasi

Masih ada cara untuk membuat orang rumah yang kemungkinan terinfeksi virus Corona merasa sebagai bagian dari rumah tangga, walaupun mereka tidak bisa meninggalkan kamar. Kamu tetap bisa berinteraksi dengan baik melalui panggilan video, berikan mereka semangat untuk sembuh dengan segera.

7. Memantau orang dengan gejala yang memburuk

Jika gejala orang rumah tampak semakin memburuk, kamu harus segera menghubungi profesional. Gejala- gejala yang memburuk ini bisa berupa demam terus menerus, sesak napas, dan nyeri dada.

8. Mengelola rasa cemasmu sendiri

Merawat orang yang sakit tentu akan membuatmu stres, terutama di tengah kondisi seperti ini. Mulailah mengelola rasa cemasmu sendiri agar situasi terasa lebih ringan untuk dijalani. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading