Sukses

Lifestyle

Makna di Balik Warna-Warna Tradisional Saat Paskah

Fimela.com, Jakarta Paskah identik dengan perayaan dengan warna-warna pastel cantik yang terlihat dalam berbagai aspek. Seperti terlukis di telur yang diwarnai dengan tangan dan tak jarang banyak orang yang memakai pakaian menyesuaikan dengan warna-warna tersebut.

Seperti dress warna pink pastel, kemeja sentuhan palet ungu, telur dengan semburat kuning, rumput hijau yang kembali tumbuh , serta bunga-bunga yang mekar menyambut musim semi, tentu di negara empat musim ya. Ternyata semuanya tidak serta-merta karena kebetulan, warna pink, ungu, putih, hijau, dan lainnya ternyata memiliki makna di baliknya seperti melansir dari goodhousekeeping.

Banyak simbolisme berkaitan dengan warna-warna liturgi alias yang dipakai para pendeta dan banner yang dipasang di sekitar gereja. Begitu juga dengan warna yang digunakan dalam pakaian dimaksudnya untuk mewakili berbagai aspek kehidupan, kematian, dan kebangkitan Yesus.

Jadi, saat kita mendekorasi Paskah seperti mencelupkan telur rebus ke dalam warna pastel tradisional, berikut makna-makna di baliknya;

 

 

Putih

Putih melambangkan kemurnian dan kepolosan serta menjadi warna untuk bunga bakung Paskah yang memiliki banyak makna keagamaan. Contohnya, lili putih Paskah disebut tumbuh di Taman Getsemani setelah penyaliban Kristus. Sementara dalam seni, bunga lili putih sering dikaitkan dengan the Virgin Maria sebagai simbol kemurniannya.

 

Merah Muda

Pink melambangkan kesenangan dalam istilah liturgi. Warna pink dipakai dua kali pada MInggu ketiga Advent dan Minggu keempat saat saum. Dan di luar gereja, mengirimkan seseorang mawar merah jambu juga membawa pesan yang membahagiakan, simbol kegembiraan, rahmat, dan kelembutan, menurut Fifty Flowers.

 

Kuning

Kuning dan emas melambangkan kembalinya sinar matahari yang dirindukan saat musim semi telah tiba. Sementara dalam makna di balik warna bunga, kuning merupakan simbol dari persahabatan. Dan dalam konteks religius, gold melambangkan kebahagiaan dan kemenangan, seperti dalam kemenangan kebangkitan atas kematian.

 

Merah

Meski warna merah tidak banyak digunakan dalam dekorasi Paskah, namun masih memiliki arti penting untuk liburan. Merah dikenakan pada Palm Sunday sebagai simbol darah Kristus dan pengorbanan-Nya untuk kemanusiaan.

 

Hijau

Hijau merupakan simbol dari kehidupan abadi, bersama dengan kelahiran kembali dan pembaruan. Ini adalah warna dan makna paling tepat untuk musim semi, saat semua mulai mekar laigi.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

What's On Fimela
Loading