Sukses

Lifestyle

Tak Hancur Tergerus Waktu, Ini 7 Tanda Dirimu Memiliki Pertemanan Sejati

ringkasan

  • Tidak mencoba mengungguli
  • Pendengar yang baik
  • Bersedia membantu

Fimela.com, Jakarta Meski dilahirkan sendirian di dunia ini, nyatanya manusia membutuhkan manusia lainnya agar bisa bertahan hidup. Inilah konsep dasar terbentuknya pertemanan antar manusia.

Meski tampak sederhana namun pertemanan juga ada yang palsu, tapi jika ingin tahu apakah pertemananmu selama ini tulus dan sejati, ini sekian tandanya.

1. Bahagia untukmu

Ketika teman berhasil mencapai kesuksesan atau mendapat kebaikan, teman yang sebenarnya akan ikut bahagia. Memberi selamat dengan tulus dan memuji. Sederhana, namun tak mudah dilakukan semua orang. Banyak orang memalsukan kebahagiaannya dan malah merasa iri atau benci.

2. Tidak mencoba mengungguli

Tentu saja, setiap manusia memiliki sifat alami berkompetisi dengan yang lainnya. Tapi teman tidak akan mencoba mengungguli satu sama lain agar dipandang lebih baik dari yang lain. Jika memang harus berkompetisi dengan teman sendiri, ia akan memastikan kompetisi yang adil dan sehat.

3. Jujur

Ia akan mengatakan apa adanya, tidak akan menambah-nambahi sebuah cerita atau menguranginya. Tidak dibalut dengan kata-kata manis hanya untuk mengatakan hal yang sebenarnya buruk. Kejujuran adalah pondasi yang harus dipegang setiap orang jika ingin memiliki teman sejati.

4. Tidak beracun

Bukan teman jika ia hanya memberi penaruh buruk, membuatmu merasa minder dan bahkan suka meremehkanmu. Teman yang baik tak akan membawa racun dalam kehidupanmu. Ia hanya akan mendukungmu menjadi pribadi lebih baik.

5. Pendengar yang baik

Penting mengetahui apakah temanmu bisa jadi pendengar yang baik atau justru suka mengabaikanmu saat bicara. Ketika ia hanya peduli pada dirinya sendiri, menuntutmu mendengarkannya tapi tak pernah mendengarkanmu, lepaskan saja teman seperti itu.

6. Bersedia membantu

Klise namun benar, bukan teman namanya jika ada hanya ketika butuh saja. Ia akan ada jika kamu juga membutuhkannya, itulah yang bisa disebut teman.

7. Mau beradaptasi

Tahun akan berganti, lingkunganmu dan lingkungannya bisa jadi sangat berbeda dan mengalami banyak perubahan ketika dewasa. Teman sejati tak akan ragu menyesuaikan diri, beradaptasi dengan perubahan, menerima kalau kamu punya teman baru dan dia juga menemukan teman baru. Pertemanan masa kecil akan bisa bertahan jika satu sama lain bisa beradaptasi.

Nah, kira-kira tanda manakah yang kamu miliki dengan teman-temanmu saat ini?

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Novel Persahabatan
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menjaga Hubungan Pertemanan agar Lebih Akur