Sukses

Lifestyle

Mengenal Istilah Zoombombing yang Meresahkan para Pengguna Zoom

Fimela.com, Jakarta Selama virus corona terjadi, masa social distancing diberlakukan. Alhasil, banyak kegiatan yang dilakukan di rumah, begitu juga dalam hal pekerjaan. Bekerja dari rumah diupayakan semaksimal mungkin.

Apalagi era teknologi yang semakin canggih dan berkembang, membuat kita semakin terbantu dengan aplikasi terkini yang dapat memperlancar pekerjaan di tengah pandemi virus corona yang terjadi.

Salah satu aplikasi yang booming adalah Zoom. Namun, banyak isu yang membuat para pengguna Zoom salah satunya kejadian zoombombing yang membuat para penggunanya resah. 

 

Pengertian Zoombombing

Hal ini bisa terjadi bagi siapa saja, dan diskusi online yang digelar oleh Dewan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) juga mengalaminya. Diskusi online tersebut disusupi oleh pihak asing (zoombombing).

Dikutip dari Liputan6.com, Zoombombing adalah aksi serangan dari pihak luar yang membajak video conference dengan mengirimkan gambar porno hingga ujaran kebencian lain. Tujuannya untuk mengganggu berjalannya video conference yang sedang berlangsung. Aksi ini terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Zoombombing terjadi bukan dikarenakan dari Zoom sendiri. Namun para penggunanya yang menyebabkan aksi ini terjadi. Menurut Cofounder dan CEO Cybint, Roy Zur, kebanyakan pengguna yang menjadi korban aksi ini biasanya menyetel pertemuan Zoom menjadi publik, sehingga dapat diakses siapa pun yang mempunyai tautan pertemuan itu.

Roy mengatakan, pelaku tinggal mencari pertemuan yang digelar melalui Facebook atau media sosial lain dengan mengetik zoom.us. Hal ini dilakukan sebab biasanya tautan pertemuan semacam itu diunggah di media sosial.

Jadi, agar lebih aman menggunakan Zoom, maka usahakan tidak berbagi tautan pertemuan secara publik. Hindari membagikan tautan di media sosial. Jadi, manfaatkan media lain seperti email yang sifatnya lebih private dan aman. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading