Sukses

Lifestyle

6 Manfaat Bunga Kol untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Bunga kol adalah sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Biasanya bunga kol diolah menjadi menu makanan.

Bunga kol memiliki berbagai kandungan nutrisi, yang baik untuk tubuh seperti serat dan vitamin B. Bunga kol mengandung rendah karbohidrat, protein serta lemak, yang baik untuk kesehatan tubuh. Bunga kol merupakan sayuran yang diperkaya dengan kandungan antioksidan, yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi sayur merupakan hal yang terpenting, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Salah satu jenis sayuran yang bagus dikonsumsi setiap hari adalah bunga kol. Karena memiliki sumber nutrisi alami untuk kesehatan. Berikut manfaat bunga kol untuk kesehatan:

Bunga Kol Mampu Mencegah Kanker

Jenis sayuran seperti bunga kol mengandung indole 3 carbinol atau yang biasa disingkat I3C. Kandungan ini berperan sebagai sumber antioksidan.

Antioksidan merupakan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh, untuk membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas bisa membuat timbulnya kanker pada tubuh.

Bunga kol juga mengandung sulforaphane, yang merupakan senyawa belerang. Kandungan ini juga memiliki fungsi untuk membantu melawan kanker.

Kandungan sulforaphane juga bisa membantu menekan enzim, yang berperan dalam perkembangan sel kanker. Rajin mengonsumsi bunga kol, dapat membantu tubuh mencegah kanker.

Membantu Perkembangan Otak

Bunga kol memiliki kandungan kolin. Kandungan kolin memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan perkembangan otak, dan memproduksi neurotransmitter.

Neurotransmitter merupakan sistem tubuh, yang bisa menjaga kesehatan sistem saraf pada jaringan otak. Kandungan kolin bisa membantu meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar dan juga kualitas tidur yang lebih baik. Karena tidak banyak sayuran yang memiliki kandungan kolin, maka dari itu konsumsilah bunga kol secara rutin.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bunga kol mampu membantu menurunkan berat badan. Bunga kol sangat cocok dikonsumsi bagi Sahabat Fimela yang sedang melakukan program diet. Bunga kol mengandung 92% air, kandungan kalori yang terdapatpada bunga kol juga rendah.

Kandungan air yang tinggi dan kandungan kalori yang rendah pada bunga kol, bisa membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi bunga kol dalam jumlah yang banyak, tidak akan membuat timbunan lemak dalam perut. Namun bunga kol akan memberikan efek rasa kenyang yang tahan lama.

Membantu Menyeimbangkan Hormon

Hormon yang seimbang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bunga kol bisa membantu menyeimbangkan tubuh. Pola makan yang tidak sehat bisa mempengaruhi keseimbangan hormon. Makan makanan olahan bisa membuat meningkatnya hormon esterogen.

Hormon yang tidak seimbang bisa membuat penyakit autoimun, kelelahan tubuh yang kronis, hingga penyakit kanker. Maka dari itu konsumsilah makanan yang kaya akan sumber antioksidan, seperti bunga kol untuk membantu menyeimbangkan hormon.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Bunga kol juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Jika pencernaan lancar, maka tubuh akan menjadi sehat. Bunga kol mengandung serat. Manfaat serat bisa membantu melancarkan pencernaan, dan menghindari masalah perut seperti sembelit atau radang usus.

Mengonsumsi bunga kol bisa membantu mendetoksifikasi tubuh. Karena sistem pencernaan jadi lancar, maka racun yang ada di dalam tubuh akan terbuang.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Bunga kol memiliki kandungan vitamin C, vitamin K dan juga mengandung asam lemak omega 3. Kandungan vitamin C, vitamin K dan juga asam lemak, bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Ketiga kandungan tersebut, juga bisa membantu mengontrol kadar kolesterol, yang terkait degan kesehatan jantung. Bunga kol juga memiliki anti peradangan, yang bisa membantu untuk mencegah penyakit gagal jantung, stroke atau diabetes.

Efek Samping Mengonsumsi Bunga Kol

Bunga kol memiliki banyak manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan. Namun bunga kol tidak boleh dikonsumsi bagi orang yang memiliki penyakit khusus. Bagi orang yang memiliki gangguan tiroid, tidak terlalu diperbolehkan untuk mengonsumsi bunga kol secara berlebihan.

Mengonsumsi bunga kol yang berlebihan, bisa menghambat tiroid saat menyerap yodium. Jika hal ini terjadi maka akan memperburuk kondisi tiroidmu.

Walaupun bunga kol bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, namun bunga kol bisa membuat perut kembung, pada seseorang yang sedang menderita penyakit peradangan usus. Selain itu bunga kol juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki penyakit jantung, walaupun bunga kol memiliki manfaat mencegah penyakit jantung.

Bagi orang yang sudah memiliki sakit jantung, dan sedang mengonsumsi obat untuk melancarkan darah, tentu saja harus berkonsultasi kepada dokter dan menanyakan tentang mengonsumsi bunga kol. Pada dasarnya semua yang berlebihan itu akan menimbulkan efek samping yang buruk. Maka dari itu konsumsilah bunga kol sewajarnya dan sesuai kebutuhan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading