Sukses

Lifestyle

5 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Tengah Pandemi Virus Corona

ringkasan

  • Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan otak dan tubuhmu
  • Tidur berkualitas dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan mental

Fimela.com, Jakarta Ketika virus corona mulai menyebar ke seluruh dunia tentu membuat kecemasan dan kekhawatiran. Berita-berita mengenai virus corona tentu akan memengaruhi psikis yang membuat kita stres hingga tidak bisa tidur.

Padahal, tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan otak dan tubuh. Brittany LeMonda, PhD, senior neuropsychologist di Lenox Hill Hospital di New York City dilansir Fimela dari Healthline, mengatakan tidur berkualitas dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan mental. Maka jika sahabat Fimela kekurangan tidur akan mengurangi sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan lebih rentang terinfeksi virus.

Untuk itu, berikut beberapa cara membantumu tidur lebih nyenyak selama masa-masa yang penuh tekanan di masa pandemi virus corona.

1. Memiliki jam tidur teratur

Memiliki jam teratur untuk tidur sangat penting. Walaupun saat ini banyak orang bekerja di rumah bukan berarti untuk bangun siang atau tidur terlalu larut. Ada baiknya tidur sesuai dengan jam yang normal yaitu 8 jam.

2. Jangan tidur siang berlebihan

Saat work from home memang kita bisa tidur siang, namun jangan terlalu lama. Tidur siang terlalu lama akan mengubah atau mengganggu jam tidur normalmu.

3. Olahraga

Walaupun di rumah saja, olahraga tetap penting seperti push-up, senam, zumba, atau yoga. Jika rutin olahraga, kualitas tidur pun akan semakin baik.

Namun, jangan olahraga dalam waktu beberapa jam sebelum tidur karena stimulasi aktivitas fisik dapat mempersulit untuk tidur.

4. Kurangi intensitas melihat berita virus corona

Hampir tidak mungkin untuk menghindari arus berita dan informasi COVID-19 yang terus-menerus meresahkan yang merasuki kehidupan sehari-hari saat ini. Ini yang membuat kita menjadi stres. Baiknya, batas infromasi terkait virus corona.Apalagi melihat berita sebelum tidur.

5. Batasi ponsel di dekat waktu tidur

Koneksi internet telah terbukti menjadi alat yang sangat berharga untuk komunikasi dan hiburan selama masa di mana orang-orang di seluruh dunia telah diberi mandat untuk melakukan karantina sendiri. Namun, menatap layar sepanjang hari tidak membantu ketika mencoba tertidur.

Sebaiknya, dalam satu jam sebelum tidur tidak memegang ponsel atau menonton televisi. Sebagai gantinya, lakukan kegiatan seperti membaca buku atau mendengarkan musik sebagai sarana hiburan sebelum tidur.

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading