Sukses

Lifestyle

Selain untuk Berbuka Puasa, Mengonsumsi Kurma Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Puasa Ramadan akan kita langksanakan beberapa hari lagi, puasa ini dimulai saat terbit fajar hingga matahari terbenam. Sebagian besar Muslim di dunia, mengikuti tradisi agama yang selalu menghidangkan kurma untuk berbuka puasa. Namun, jika memang tidak memiliki kurma, maka menggantinya dengan air putih, karena air putih dipercaya memurnikan.  Buah kurma, disebutkan lebih dari 20 kali di dalam Al-Quran dan buah tersebut lebih disukai oleh sebagian besar Muslim di dunia termasuk Indonesia. 

Kandungan Kurma untuk Kesehatan

Bagi sebagian orang kurma dijadikan pilihan ideal dan sehat untuk mengisi perut kosong karena berpuasa. Kurma mengandung banyak gula, serat, mineral, fitonutrien, dan vitamin C. Selain itu juga kurma mengandung kalium, magnesium, zat besi, dan sejumlah protein dan lemak yang baik untuk tubuh. Kurma mudah dicerna, menjadikannya sumber energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi kurma setelah berpuasa seharian penuh, dapat membantu mengembalikan kadar gula darah menjadi normal.

Fakta Menarik Tentang Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Selain menjadi makanan saat berbuka puasa, berikut ini terdapat beberapa fakta menarik tentang kurma untuk kesehatan yang perli kita ketahui. 

  1. Selain memiliki rasa yang enak, kurma dapat bermanfaat untuk mengobati sembelit, diare dan gangguan usus.
  2. Jika dikonsumsi sesuai dengan aturan, kurma dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung.
  3. Kurma sangat baik bila dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui. Karena kandungan folat pada kurma dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat.
  4. Jika seseorang mengalami masalah dengan tulang seperti osteoporosis dan pengeroposan tulang, kurma dapat dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit tersebut. Pasalnya kurma mengandung mineral, selenium, mangan, tembaga dan menesium yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.
  5. Kandungan zat besi pada kurma juga membantu seseorang yang mengalami kekurangan darah. Anemia dapat muncul dengan gejala seperti mudah lelah dan kulit pucat. Kondisi ini dapat dicegah dengan mengonsumsi kurma secara rutin.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selamat menyambut ramadan tahun ini dengan suka cita.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading