Sukses

Lifestyle

4 Minuman Sehat untuk Berbuka Puasa yang Tidak Membuat Perut Perih

ringkasan

  • Air Kelapa Muda
  • Air Madu Hangat
  • Air Nabeez

Fimela.com, Jakarta Pada awal bulan Ramadan, selama menjalankan ibadah puasa tubuh kita akan mengalami sejumlah penyesuaian. Menyesuaikan dengan rasa lapar dan haus terkadang membuat perut jadi makin sensitive, apalagi bila tidak diseimbangkan dengan pola makan minum yang tepat. Setelah berjam-jam puasa, kita perlu berhati-hati dalam memilih minuman yang pertama masuk ke dalam tubuh.

Air putih merupakan pilihan minuman yang paling aman untuk berbuka puasa. Air putih hangat akan diterima oleh lambung kita dengan baik. Selain air putih, ada juga beberapa jenis minuman sehat yang bisa diminum saat perut dalam keadaan kosong dan tidak menyebabkan perut terasa perih. Seperti minuman-minuman berikut ini.

1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda alami bisa diminum saat berbuka puasa. Pastinya pilih air kelapa dari buah asli tanpa tambahan pemanis atau pengawet. Melansir okadoc.com, air kelapa memiliki kandungan elektrolit, vitamin, dan mineralĀ  yang tinggi. Sehingga air kelapa muda alami sangat baik untuk diminum dan mencegah dehidrasi. Selain itu, air kelapa muda alami juga bisa menjaga kadar gula darah dan kadar insulin tetap seimbang.

2. Air Madu Hangat

Melansir lifehack.org, madu dapat membantu menetralkan gas dalam perut. Air madu hangat baik diminum saat perut dalam keadaan kosong setelah berjam-jam puasa. Selain itu, air madu hangat juga dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Madu murni dan organik mengandung banyak enzim, vitamin, dan mineral yang dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri. Kandungan antioksidan pada madu dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Kekebalan tubuh pun jadi meningkat.

3. Air Nabeez

Pernah dengar air nabeez? Air nabeez tak lain adalah air rendaman kurma. Cara membuat air nabeez ini pun sangat mudah. Siapkan beberapa buah kurma dan segelas air matang. Kurmanya disarankan berjumlah ganjil. Masukkan ke dalam wadah berisi air dan tutup. Diamkan selama 8-12 jam lamanya. Nanti, airnya bisa langsung diminum dengan buah kurma yang sudah lembut. Air nabeez bisa diminum saat sahur untuk memberi energi tubuh. Cocok juga diminum saat berbuka puasa.

4. Air Jahe Hangat

Jahe bisa bantu merilekskan usus dalam perut sehingga dapat membantu mengatasi sejumlah gangguan dan masalah pencernaan. Selain itu, jahe memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki kerja jantung serta melawan penyempitan arteri. Minum segelas air jahe hangat diyakini bisa bantu melancarkan peredaran darah. Setelah puasa seharian penuh, proses detoksifikasi yang terjadi bisa dimaksimalkan dengan minum segelas air jahe hangat pada saat berbuka puasa.

Tetap semangat berpuasa selama bulan Ramadan, ya. Semoga kita mendapat lebih banyak ganjaran pahala dan berkah selama bulan yang suci ini.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading