Sukses

Lifestyle

Minum Air Madu Hangat saat Sahur dan Berbuka Puasa, Ini 4 Manfaatnya

ringkasan

  • Memberi Tubuh Cukup Energi untuk Berpuasa Seharian
  • Mengatasi Perut Kembung
  • Mencegah Konstipasi

Fimela.com, Jakarta Menjaga pola makan dan minum yang baik selama bulan Ramadan adalah salah satu upaya terbaik yang bisa kita lakukan agar puasa berjalan lancar. Bisa dimulai dari memilih minuman yang tepat untuk sahur dan berbuka puasa. Ada banyak jenis minuman sehat yang dipilih, salah satunya adalah air madu hangat.

Selain air putih, air madu hangat juga baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari minum air madu hangat. Mulai dari memberi energi yang cukup untuk berpuasa hingga membantu menjaga kekebalan tubuh. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Memberi Tubuh Cukup Energi untuk Berpuasa Seharian

Saat makan sahur, coba awali dengan minum segelas air madu hangat. Melansir lifehack.org, kandungan gula alami dan karbohidrat pada madu dapat menjadi sumber energi yang efektif. Air madu hangat dapat memberi tubuh cukup energi untuk bisa berpuasa seharian. Bila sudah minum air madu hangat, tak perlu minum minuman bergula atau berpemanis lainnya.

2. Mengatasi Perut Kembung

Setelah seharian penuh berpuasa, kadang perut terasa kembung saat berbuka puasa. Untuk meredakan perut kembung, bisa minum air hangat yang dicampur dengan madu murni. Kandungan madu dapat membantu menetralkan gas dalam perut. Tak hanya itu saja, air madu hangat juga dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi sehingga sangat cocok diminum saat berbuka puasa.

3. Mencegah Konstipasi

Perubahan pola makan menyebabkan susah buang air besar? Cobalah untuk rutin minum air madu hangat saat sahur dan berbuka puasa. Kandungan antiseptik dalam madu bisa membantu mengurangi kadar keasaman dalam perut sekaligus meningkatkan produksi lendir dalam usus. Air madu hangat dapat menjadi minuman sehat untuk menjaga sistem pencernaan kita selama bulan Ramadan.

4. Menjaga Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh perlu dijaga dengan baik supaya tidak gampang sakit. Madu memiliki kandungan yang dapat melindungi tubuh dari bakteri. Madu murni dan organik mengandung banyak enzim, vitamin, dan mineral yang dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri. Kandungan antioksidan pada madu dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Imunitas tubuh kita pun bisa lebih terjaga. Ibadah puasa akan makin lancar.

Rutinitas berpuasa bisa memberi dampak positif pada kesehatan kita dengan menjaga pola makan dan minum yang seimbang. Semoga infonya bermanfaat dan tetap semangat menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadan ini, ya.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading