Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Kolak Legit tanpa Gula Pasir

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Sudah mengecek harga gula pasir saat ini? Di beberapa tempat, stok gula pasir langka, bahkan harganya pun melonjak naik. Harga gula pasir yang naik memang bikin pusing, ya.

Melansir liputan6.com, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengungkapkan bahan pangan gula masih mengalami kelangkaan stok. Kondisi ini pun memicu kenaikan harga jual gula di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia. Dengan kelangkaan dan naiknya harga gula pasir, kita perlu putar akal untuk membuat makanan yang minim gula pasir. Selama bulan Ramadan, biasanya kita membutuhkan cukup banyak gula pasir untuk membuat menu takjil seperti kolak. Agar bisa lebih hemat gula pasir, kita bisa menyiasatinya dengan membuat kolak tanpa gula pasir tapi tetap bercita rasa legit.

1. Pakai Pisang dan Kurma

Kita bisa membuat kolak yang legit tanpa gula pasir. Gunakan buah pisang yang sudah matang dan bercita rasa manis dan kurma untuk membuatnya. Seperti resep ini:

  • 4 buah pisang kepok, potong-potong
  • 250 gram ubi madu atau ubi kuning, cuci bersih dan potong-potong
  • 15 butir kolang-kaling
  • 5 buah kurma
  • 65 ml santan kental
  • 600 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 batang kayu manis dan 4 buah cengkeh

Rebus air, santan, ubi, kolang-kaling, garam, daun pandan, kayu manis, dan cengkeh sampai setengah matang. Setelah itu masukkan buah pisang dan kurma. Rebus hingga semua bahan matang.

2. Pakai Gula Aren

Tak ada gula pasir. Coba pakai gula aren atau gula jawa. Pada kolak pisang misalnya, supaya rasa manis buah pisang tetap menonjol, tak perlu pakai santan kelapa. Jadi, kita bisa membuat kolak pisang tanpa santan.

Siapkan panci. Rebus air, gula merah, kayu manis, dan daun pandan yang diikat simpul. Rebus hingga mendidih sambil sesekali diaduk agar tercampur rata. Buang pisang yang sudah diiris langsung dimasukkan ke dalam air rebusan gula. Tambahkan garam. Koreksi rasa. Setelah empuk, angkat dan sajikan.

3. Pakai Madu

Pernah coba membuat kolak dengan pemanis dari madu? Walau mungkin rasa manis dari madu tak sepekat gula pasir, tapi madu bisa dijadikan alternatif untuk memberi sentuhan rasa manis pada kolak yang kita buat. Tambahkan madu pada tahap akhir memasak kolak untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.

Saat harga gula pasir melonjak dan stoknya langka, kita perlu cari alternatif pemanis lainnya. Bisa dengan kurma, madu, atau gula aren. Bisa juga dengan menyiasatinya menggunakan bahan-bahan rempah supaya kolak tetap beraroma wangi dan menggugah selera.

 

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading