Sukses

Lifestyle

Manfaat Wudu dari Sisi Kebersihan dan Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Wudu menjaga seorang muslim agar tetap bersih. Bila kita perhatikan, wudu adalah proses kebersihan yang dilakukan oleh seseorang untuk membasuh bagian-bagian tubuhnya sebanyak lima kali sehari. Selain itu, wudu mengandung dua kebersihan, yaitu kebersihan fisik dan kebersihan jiwa.

Dari sisi kebersihan dan kesehatan tubuh, wudu punya banyak sekali manfaat. Dalam buku Menyingkap Rahasia Gerakan-Gerakan Sholat, dijelaskan tentang manfaat wudu secara umum. Apa saja manfaatnya? Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

Mencegah Penyakit Kulit dan Peradangan

Dr. Abdul Aziz Ismail menyatakan, "Membasuh anggota-anggota tubuh yang kelihatan, beberapa kali dalam sehari, adalah pencegahan terbaik terhadap penyakit kulit dan peradangan. Sbeba, kebanyakan kuman masuk ke dalam tubuh manusia dengan menerobos lewat kulit, bahkan parasit cacing masuk ke tubuh melalui kulit juga. Tidak diragukan bahwa basuhan yang berulang-ulang adalah pencegahan sederhana yang sangat berguna. Lapisan kulit luar menghalangi masuknya kuman ke dalam tubuh, kecuali bila kulit mengelupas. Sementara sebab utama mengelupasnya kulit adalah gatal (eksim) yang diakibatkan tidak adanya kebersihan."

Mengaktifkan Sirkulasi dalam Tubuh

Dr. Muwaffaw as-Syathi mengatakan, "Wudu adalah membasuh anggota badan tertentu dengan menggunakan air dingin untuk menghilangkan keringat luar agar kembali normal. Wudu memberi manfaat besar kepada tubuh. Karena dapat meningkatkan tekanan darah, menambah gerakan jantung, menambah jumlah sel-sel darah merah, mengaktifkan pertukaran (sirkulasi) dalam tubuh, memperkuat gerakan pernapasan, menambah kadar oksigen, serta memperbanyak kadar karbondioksida yang keluar."

Lebih lanjut lagi ia menjelaskan," Membasuh bagian-bagian yang terbuka dengan wudu, bermanfaat kepada tubuh yaitu memperlancar kencing, mengeluarkan racun-racun, menambah nafsu makan, mengaktifkan pencernaan, merangsang otot kulit dan otot sendi. Rangsangan ini berpindah menuju ke seluruh otot urat leher, paru-paru, perut, kemudian diteruskan kepada seluruh anggota tubuh dan kelenjar-kelenjar."

Wudu selain fungsinya untuk bersuci dan membersihkan diri dari hadas kecil, juga memberi manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Semoga info ini bermanfaat, ya.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading