Sukses

Beauty

8 Kesalahan yang Nggak Boleh Terjadi Saat Anda Cuci Wajah

Fimela.com, Jakarta Mencuci wajah adalah salah satu upaya merawat kulit wajah agar tetap tetap sehat. Memang, kelihatannya mencuci wajah itu gampang sekali dilakukan. Tinggal basuh dengan air, pakai sabun, beres deh. Padahal cuci wajah juga ada aturannya lho.

Aturan dalam mencuci wajah ini seringkali nggak dipahami atau diterapkan dengan baik. Pasalnya, memang masih banyak orang yang menganggap mencuci wajah ini adalah kegiatan sepele. Padahal antara mencuci wajah dengan cara yang tepat dengan mencuci wajah asal-asalan, akan mengasilkan perbedaan yang cukup signifikan pada wajah.

Mungkin selama ini cara mencuci wajah yang sudah Anda anggap benar, ternyata masih salah. Mungkin juga trik-trik dalam membersihkan wajah yang sebelumnya Anda kira nggak butuh, tenyata malah dibutuhkan banget oleh wajah Anda. Nah, sudah tepatkah Anda menerapkan langkah demi langkah dalam membersihkan wajah tersebut?

Ada sederet aturan dalam membersihkan wajah. Jika Anda ingin wajah bersih dengan maksimal dan mendapatkan hasil seperti yang diharapkan, maka ketahuilah mana yang baik dan mana yang buruk untuk kulit wajah Anda. Selain itu, hindari 9 kesalahan ini:

1. Air terlalu panas

Kesalahan dalam membersihkan wajah. (Foto: wonderhowto.com)

Air yang terlalu panas dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, kerusakan jaringan yang halus, dan membuat kulit kering serta mudah gatal.

2. Hanya mengandalkan facial wash untuk membersihkan makeup

Kesalahan dalam mencuci wajah. (Foto: bintangpictures)

Facial wash saja nggak cukup untuk membersihkan wajah Anda, terlebih setelah Anda mengenakan makeup. Anda butuh micellar water/makeup remover, milk cleanser, toner, bahkan scrub pembersih wajah untuk digunakan maksimal dua hari sekali ajar wajah Anda bersih maksimal.

3. Pakai tisu khusus wajah untuk bersihkan makeup

Kesalahan dalam mencuci wajah. (Foto: StyleCaster)

Tisu dirancang dengan banyak bahan pengawet yang akan membuat kulit Anda reaktif. Membersihkan wajah dengan tisu khusus pun tetap nggak akan maksimal seperti jika Anda melakukan double cleansing atau deep cleansing.

4. Pilih pembersih yang nggak sesuai dengan jenis kulit

Kesalahan dalam mencuci wajah. (Foto: bintangpictures)

Pertama, Anda harus tahu dulu kondisi wajah Anda seperti apa, lalu cari tahu bahan-bahan apa yang nggak boleh diaplikasikan ke kulit wajah Anda, serta apa yang sebaiknya Anda gunakan. Baru setelah itu cari produk yang sesuai agar kebutuhan kulit Anda terpenuhi.

5. Mengeringkan wajah dengan handuk badan

Kesalahan dalam mencuci wajah. (Foto: bintangpictures)

Jangan! Anda nggak ingin memindahkan bakteri dari tubuh ke wajah, kan? Sediakan handuk khusus untuk wajah atau sediakan tisu untuk mengelap wajahmu setiap habis cuci muka.

6. Eksfoliasi terlalu lama dan/atau terlalu sering

Kesalahan dalam mencuci wajah. (Foto: purewow.com)

Eksfoliasi fungsinya menghilangkan sel-sel kulit mati. Kalau kamu melakukan terlalu lama dan/atau terlalu sering bisa-bisa lapisan kulitmu yang sehat juga terkikis.

7. Cuci muka terlalu sering

Kesalahan dalam mencuci wajah. (Foto: liteleymamu.com)

Idealnya Anda mencuci wajah dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Kalau Anda pikir mencuci muka sering-sering bisa menghilangkan minyak di wajah, Anda salah. Sebab mencuci muka terlalu sering justru akan memicu kulit Anda untuk memproduksi lebih banyak minyak.

8. Nggak mengakhirinya dengan pelembap

Kesalahan dalam mencuci wajah. (Foto: rd.com)

Waktu yang tepat untuk mengaplikasikan pelempap dan skincare lainnya adalah saat wajahmu bersih dari kotoran. Segalam nutrisi akan terserap baik sehingga kulit wajah Anda pun akan mendapatkan nutrisi dengan maksimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading