Sukses

Lifestyle

10 Tips Sederhana agar Tidur Nyenyak Berkualitas selama Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Perubahan pola makan dan rutinitas selama bulan Ramadan akan memengaruhi banyak hal dalam keseharian kita. Salah satunya adalah tidur. Bangun lebih pagi untuk sahur dan lebih banyak terjaga untuk beribadah akan memengaruhi tidur kita.

Supaya ibadah tetap lancar selama bulan Ramadan dan tubuh tidak gampang capek, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk bisa mendapatkan tidur nyenyak berkualitas. Melansir khaleejtimes.com, ada sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba untuk mendapatkan tidur nyenyak berkualitas. Selengkapnya langsung simak di sini.

1. Sesuaikan jadwal tidur dengan jadwal beribadah. Kita bisa membuat jadwal sendiri yang sesuai dengan kebutuhan dan rutinitas kita selama bulan Ramadan. Sesuaikan dengan kemampuan kita juga.

2. Luangkan waktu untuk tidur siang selama 20 menit. Tidur siang yang singkat ini dapat membuat kita lebih terjaga dan meningkatkan daya ingat serta kemampuan belajar. Selain itu, tidur siang yang singkat ini bisa mencegah burnout.

3. Tidur di kamar yang tenang dan gelap. Tidur tanpa gangguan akan sangat membantumu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

4. Hindari gawai. Setidaknya satu jam sebelum jadwal tidur, matikan semua gawai yang kita miliki agar bisa membantu kita bisa tidur dan istirahat yang lebih kondusif.

5. Gunakan masker mata atau earplug bila perlu untuk tidur nyenyak.

 

 

Perhatikan Pola Makan Juga

6. Hindari mengonsumsi makanan tinggi kalori dan gula saat berbuka puasa. Selain itu, hindari juga makanan pedas dan terlalu berminyak. Dengan begini, kita bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas pada malam hari.

7. Hindari makanan atau minuman berkafein. Minuman berkafein seperti kopi dan minuman bersoda sebaiknya dihindari untuk mencegah gangguan tidur.

8. Hindari makanan olahan dan tinggi garam karena makanan yang tinggi kandungan sodiumnya akan menyebabkan dehidrasi.

9. Setelah sahur, jangan langsung tidur. Sebaiknya ambil jeda dua jam setelah sahur jika ingin tidur kembali.

10. Cukupi cairan tubuh saat sahur dan hindari mengonsumsi makanan berlebih saat sahur.

Semoga selama bulan Ramadan ini kita bisa meningkatkan amalan dan ibadah kita ya. Imbangi rutinitas kita selama berpuasa dengan mengatur pola makan dan kebiasaan harian yang lebih baik.

 

 

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading