Sukses

Lifestyle

Meski Sedang Pandemi, Tetap Semangat Jalani Rutinitas Bulan Ramadan yang Produktif

Fimela.com, Jakarta Mengubah rutinitas di tengah pandemi virus corona ini memang tidak mudah. Mengatasi rasa cemas dan was-was pun membuat kita tak nyaman. Kita semua pun berharap semua keadaan akan segera membaik. Sahabat Fimela yang satu ini pun membagikan kisahnya tentang keseharian dan rutinitasnya selama masa pandemi ini.

***

Oleh: Anni Jayanti

Kebijakan pemerintah untuk tetap di rumah saja menjadikan kita harus lebih kreatif, karena kegiatan di rumah yang kita pikir terbatas dan monoton ternyata bisa kita buat jadi menyenangkan dan penuh makna. Sudah lebih dari satu bulan anjuran untuk di rumah saja diberlakukan, akan cepat bosan jika kita hanya melakukan hal yang sama setiap harinya. Tapi jangan lupa tetap perhatikan kebersihan dan kesehatan dengan kegiatan apapun yang kita lakukan.

Nah coba buat komitmen kepada diri sendiri bahwa setelah krisis COVID-19 ini harus menjadi pribadi yang lebih baik, karena waktu luang yang ada lebih banyak dari biasanya sehingga bisa banget kita manfaatkan dengan baik. Salah satunya yaitu menjadi influencer, jika kamu punya followers atau audience yang cukup di media sosial bisa jadi influencer seperti selebgram, blogger, youtuber, dan lain sebagainya. Konten yang dibuat bisa diselipkan pada kegiatan sehari hari yang dikemas lebih cantik.

Kegiatan dimulai dengan bangun lebih pagi, karena saat ini bertepatan dengan Bulan Ramadan tentunya umat Muslim melaksanakan sahur, siapkan santapan sahur lebih awal dengan menu menu penuh nutrisi dan jangan lupa vitamin atau jamu biar tetap fit melawan virus corona ini. Setelah sahur berakhir jangan langsung tidur lagi ya, bersih-bersih rumah ketika sahur berakhir bisa jadi ide bagus mulai dari mencuci piring, mencuci pakaian, menyapu, mengepel, menyiram tanaman, membersihkan area-area tersembunyi. Selipkan olahraga setiap hari juga jangan dilupakan, minimal 15 menit workout ringan di rumah agar lebih semangat menjalani hari. Tidak lupa memperbanyak kegiatan yang bernilai ibadah seperti membaca Al-Quran atau yang sering kita sebut tadarusan, melaksanakan salat sunnah, dan lain sebagainya.

Menjelang matahari terbit waktunya berjemur, yups kegiatan ini jadi kegiatan favorit karena selain membantu menjaga imunitas tubuh juga sinar matahari di waktu yang tepat bagus untuk kulit juga ya dan tentunya jangan lupa pakai sunscreen dulu sebelum sunbathing. Berjemur sambil dengerin musik, sambil baca-baca informasi melalui Instagram, waaah menyenangkan sekali. Karena jika bukan karena kita harus di rumah saja, pastinya sunbathing ini jarang terjadi. Biasanya pada jam segitu sudah disibukkan oleh pekerjaan kantor pergi pagi pulang malam.

Menuju siang hari bisa diisi dengan kegiatan pribadi baik yang mau dicoba ataupun yang biasa dilakukan seperti face painting, membuat tutorial make up, merapikan feed Instagram dengan membuat jadwal posting konten, membuat konten, serta mencari inspirasi melalui postingan orang lain. Hal ini juga mengasyikan karena nggak bisa dilakukan jika kita disibukkan dengan pekerjaan, mencari brand yang mengadakan giveaway juga asyik juga selain dapat hadiah juga bisa jadi bahan untuk review di konten media sosial. Jika mau fokus menjadi influencer atau fokus kepada media sosial, coba belajar editing foto dan video.

Mengisi Waktu untuk Kegiatan Produktif

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan yaitu tidur siang. Yups, kegiatan lain yang nggak mungkin dilakukan ketika biasanya. Apalagi di Bulan Ramadan ini tidur siang bernilai pahala. Eh tapi jangan sampai kebablasan ya, tidur siangnya jangan sampai lebih dari dua jam, setelah itu bisa lakukan kegiatan lainnya.

Menjelang sore waktunya mencari insipirasi menu yang bisa dibuat untuk santapan buka puasa. Di saat seperti ini kegiatan di luar rumah seperti hunting takjil, 'ngabuburit' sulit dilakukan. Jadi nggak ada salahnya kita buat menu santapan buka puasa sendiri. Biasanya aku cek dulu nih bahan yang ada di dapur apa aja, baru deh cari resepnya dan langsung eksekusi memasak. Atau jika sekalian membeli kebutuhan dapur sekalian udah buat list bahan makanan selama seminggu apa saja yang mau dibuat, biar nggak bolah balik keluar rumah. Mengenai kebutuhan dapur, saat ini beberapa rempah banyak dicari masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh seberti jahe dan lainnya. Nah kalau di halaman rumah ada space untuk menanam sendiri kenapa nggak dicoba, misalnya selain menanam jahe bisa juga menanam bawang-bawangan, cabai, kunyit, lengkuas, dan lainnya yang mudah untuk ditanam. Jadi lebih hemat dan efisien.

Kegiatan-kegiatan tersebut bisa dijadikan sebagai konten dalam youtube ataupun selebgram dengan produk produk yang kita miliki aja dulu, selanjutnya jika feedback dari audience atau followers bagus, kemudian insight-nya juga bagus bisa dikembangkan kembali dengan mengikuti influencer management ataupun media media yang menaungi influencer untuk mempromosikan kamu sebagai talent. Semoga kegiatan-kegiatan di atas bisa bermanfaat ya.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading